Heboh soal Childfree, Ini Negara dengan Angka Kelahiran Terendah

Indonesia ada di urutan 122

Jakarta, IDN Times -  Media sosial dihebohkan dengan perbincangan mengenai childfree atau keputusan seseorang untuk tidak memiliki anak. Topik childfree tersebut menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan muda.

Hal ini dipantik oleh YouTuber, Gita Savitri Dewi saat menanggapi komentar warganet soal fisiknya yang awet muda. Menurut dia, hal tersebut dikarenakan dia tidak mempunyai anak atau menerapkan konsep childfree bersama sang suami.

Fenomena childfree juga dapat dilihat saat suatu negara memiliki angka kelahiran sedikit atau ketika warganya memilih untuk memiliki sedikit anak bahkan tidak sama sekali.

Baca Juga: Mengenal Childfree, Pasangan yang Memutuskan Gak Memiliki Anak

1. Negara dengan angka kelahiran terendah

Heboh soal Childfree, Ini Negara dengan Angka Kelahiran TerendahIlustrasi vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Melansir dari data dalam The World Factbook Central Intelligence Agency (CIA), terdapat beberapa negara yang mempunyai tingkat kelahiran terendah di dunia.

Pertama, Saint Pierre dan Miquelon. Negara tersebut memiliki angka 6,47 kelahiran per 1.000 penduduk pada 2022. Saint Pierre dan Miquelon adalah kepulauan yang berada di bawah bendera Prancis.

Kemudian ada Monaco dengan angka 6,66 dan Andorra 6,88. Selanjutnya adalah Korea Selatan sebanyak 6,92, Jepang 6,95, dan Italia 6,95.

Negara-negara tersebut memiliki angka kelahiran di bawah 7 per 1.000 penduduk.

Baca Juga: Gitasav Sebut Childfree Bikin Awet Muda, Benarkah? Ini Kata Ahli!

2. Indonesia ada di urutan 122

Heboh soal Childfree, Ini Negara dengan Angka Kelahiran TerendahIlustrasi bayi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Dari 228 negara yang tercatat, Indonesia berada di posisi 122 dengan angka kelahiran 15,32 per 100 penduduk.

Sementara, urutan pertama negara dengan angka kelahiran tertinggi adalah Nigeria dengan 47,08, Angola 41,80, Benin 41,15, Mali 41.07, dan Uganda 40,94.

Baca Juga: Cek Toko Sebelah 2 Angkat Isu Perceraian hingga Childfree

3. Definisi dari childfree

Heboh soal Childfree, Ini Negara dengan Angka Kelahiran TerendahGoogle/klikdokter.com

Ada beberapa kalangan yang belum mengetahui secara jelas tentang pengertian childfree. Melansir Oxford Dictionary, childfree adalah kondisi ketika pasangan suami istri memilih untuk tidak memiliki anak.

Sejalan pula dengan yang dituliskan di Cambridge Dictionary, childfree adalah keputusan seseorang atau pasangan untuk tidak memiliki anak. 

Walau begitu, keputusan childfree masih sering dianggap tabu, khususnya di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan childfree dianggap bertentangan dengan norma dan budaya masyarakat Tanah Air.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Memilih Childfree, Salah Satunya Trauma Masa Kecil 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya