Comscore Tracker

Hendak Tes Swab COVID-19, 3 Warga Petamburan Malah Kabur

Tes rapid akan kembali digelar di Petamburan besok

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ada tiga orang reaktif COVID-19 yang meninggalkan tempat tes swab atau usap saat hendak menjalani tes kedua di Petamburan, Jakarta Pusat.

Polisi memang menyediakan fasilitas rapid test atau tes cepat gratis di Jalan Petamburan IV, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada 22-24 November 2020. Tes virus corona ini adalah tindak lanjut dari kasus kerumunan acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Kemarin itu sempat ada reaktif sekitar lima orang, tapi (saat mau) kita tes ulang lagi, ada tiga yang meninggalkan tempat," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga: Rencana Kegiatan Rizieq Shihab di Daerah Ditolak, Begini Reaksi Polisi

1. Petugas masih mencari tiga warga yang kabur

Hendak Tes Swab COVID-19, 3 Warga Petamburan Malah KaburKepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Yusri mengatakan pihaknya masih menelusuri keberadaan tiga warga yang kabur. Polisi akan melakukan upaya persuasif untuk menghadapi kejadian ini.

"Pak  Kapolda kemarin menyampaikan ini kemanusiaan, jangan sampai terjadi klaster penyebaran COVID-19," ujar dia.

2. Polisi berharap masyarakat yang ada di kerumunan mau laksanakan tes usap

Hendak Tes Swab COVID-19, 3 Warga Petamburan Malah KaburIlustrasi Swab Test (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Yusri juga menyebutkan pihaknya akan kembali melakukan agenda tes cepat di Petamburan pada Jumat, 27 November 2020.

"Makannya ini bagian sosialisasi juga bagi warga Petamburan, bagi yang merasa pernah ada sentuhan dalam kerumunan tersebut untuk bisa sadar melakukan swab test. Karena kita mengedepankan protokol kesehatan 3M," ujarnya.

3. Kerumunan terjadi di beberapa tempat di DKI Jakarta

Hendak Tes Swab COVID-19, 3 Warga Petamburan Malah KaburSimpatisan menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Perlu diketahui, kasus kerumunan yang melibatkan kehadiran Rizieq Shihab beberapa kali terjadi di DKI Jakarta. Sejumlah acara tersebut di antaranya Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat, pada 14 November 2020.

Penjemputan Rizieq di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, 10 November 2020, dan kerumunan acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Majelis Taklim dan Zikir Al-A'faf, di Tebet, Jakarta Selatan, 13 November 2020.

Maka dari itu, Polda Metro Jaya melakukan sejumlah upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan melakukan rapid test dan penyemprotan disinfektan di wilayah yang menjadi tempat kerumunan tersebut.

Baca Juga: Kapolda Metro: Klaster COVID-19 Kerumunan Rizieq Harus Jadi Pelajaran

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya