Indonesia Lebih Aman Dibandingkan Malaysia

Jakarta berada diperingkat 31, Kuala Lumpur diperingkat 91

Jakarta, IDN Times - Ibu kota Indonesia dinilai lebih aman dibandingkan ibu kota Malaysia berdasarkan riset Numbeo, sebuah perusahaan basis data dan statistik global. Hasil indeks perbandingan yang ditampilkan oleh Numbeo menunjukkan bahwa untuk urusan kriminalitas, Jakarta masih lebih aman dibandingkan Kuala Lumpur.

Numeo adalah sebuah basis data global yang mendapatkan data dari pengguna langsung yang membuat peringkat kota-kota di dunia. Dalam peringkat kriminalitas, Jakarta ada diperingkat ke-91 sedangkan Kuala Lumpur yang kini sudah menjadi pusat bisnis Malaysia, berada di peringkat ke-34.

1. Kuala Lumpur lebih tidak aman dibanding Jakarta sebesar 10 persen

Indonesia Lebih Aman Dibandingkan Malaysia(Ilustrasi kabut asap di Kuala Lumpur) ANTARA FOTO/Raifuddin Abdul Rahman

Numeo menjelaskan bahwa tingkat kriminalitas Jakarta berada di angka 54.26 sedangkan Kuala Lumpur 66.21. Sedangkan untuk tingkat keamanan Indonesia dianggap lebih aman jika dibandingkan dengan Malaysia. Jakarta berada di angka 45.74, lalu Kuala Lumpur berada di angka 33.79.

Basis data Numeo ini juga menjelaskan beberapa indikator yang menjadi perbandingan tingkat kriminalitas suatu daerah, bukan hanya tingkat keamanan secara general saja. Pertanyaan yang diajukan dalam survei berkaitan dengan isu keamanan dan kriminalitas.

Baca Juga: Tito Sebut Jakarta Seperti Kampung, Anies Ambil Pelajaran Penting Ini

2. Peningkatan kriminalitas tiga tahun terkahir

Indonesia Lebih Aman Dibandingkan MalaysiaIDN Times/Arief Rahmat

Salah satu indikator itu ialah peningkatan kriminalitas selama tiga tahun terakhir. Di Jakarta, peningkatan kriminalitas selama tiga tahun terakhir berada di angka 56.70 sedangkan di Kuala Lumpur meningkat hingga ke angka 71.36.

Ini diukur dari survei terhadap 287 penduduk Jakarta yang memberikan pendapat mereka untuk data di situs ini.

3. Berjalan di Jakarta sendirian tidak aman

Indonesia Lebih Aman Dibandingkan MalaysiaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Namun, untuk tingkat keamanan saat berjalan seorang diri, Jakarta menempati posisi yang lebih buruk dibandingkan Kuala Lumpur dengan besaran skor 34.77 berbanding 24.77. Sedangkan, untuk berjalan sendirian di siang hari ada di angka 66.70 sedangkan Kuala Lumpur 50.75.

Baca Juga: Antisipasi Tingginya Angka Kriminalitas di Ibu Kota Baru

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya