Comscore Tracker

Ini Daftar 4 Rute Nonkoridor yang Kembali Dibuka Transjakarta

Rute-rute ini dibuka secara bertahap

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali membuka empat rute nonkoridor (Non-BRT) dengan headway atau waktu interval kedatangan bus setiap 20 menit guna melayani warga DKI yang kembali berkegiatan di tengah pandemik COVID-19.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, menjelaskan bahwa pembukaan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Berikut rinciannya:

1. Jadwal pembukaan keempat rute

Ini Daftar 4 Rute Nonkoridor yang Kembali Dibuka TransjakartaHalte Transjakarta (IDN Times/Sunariyah)

Rute 7A tujuan Kampung Rambutan-Lebak Bulus sudah mulai beroperasi pada Kamis, 13 Agustus 2020 dengan waktu layanan 05.00-22.00 WIB. Sedangkan, Rute 9D arah Pasar Minggu-Tanah Abang juga sudah mulai beroperasi sejak Jumat, 14 Agustus 2020 mulai pukul 05.00-22.00 WIB.

Kemudian, pada Rabu, 19 Agustus 2020, rute D21 Universitas Indonesia-Lebak Bulus akan mulai beroperasi sejak pukuk 05.00-22.00 WIB.  Disusul pada Selasa, 25 Agustus 2020 dengan pembukaan rute 9E Kebayoran-Grogol yang juga mulai beroperasi sejak 05.00-22.00 WIB.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap 107 Rute Tambahan TransJakarta, Berlaku 1 Juli

2. Bus sudah dilakukan sterilisasi terlebih dulu

Ini Daftar 4 Rute Nonkoridor yang Kembali Dibuka TransjakartaKaryawan melakukan pengecekan saat uji coba bus listrik di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Nadia menjelaskan, bahwa Transjakarta telah menyiapkan 100 unit bus yang sudah disterilisasi dan siap guna operasi untuk melayani keempat rute tersebut.

"Jumlah tersebut merupakan penambahan sebanyak 25 persen dari jumlah yang dioperasikan sebelum masa pandemik," kata di dalam keterangan yang diterima IDN Times, Sabtu (15/8/2020).

3. Akan ada evaluasi jika lonjakan penumpang terjadi

Ini Daftar 4 Rute Nonkoridor yang Kembali Dibuka TransjakartaPetugas turun dari bus listrik usai melakukan pengecekan sebelum mengikuti uji coba di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jumlah tersebut nantinya akan di evaluasi secara bertahap, terutama bila
terjadi lonjakan pelanggan pada rute rute tertentu di luar perkiraan armada yang sudah disiapkan. Transjakarta juga tetap menghimbau agar pelanggan yang menggunakan layanan mereka pada rute tersebut mematuhi segala protokol kesehatan yang berlaku.

"Demikian pula dengan percepatan headway akan di evaluasi secara bertahap guna memastikan diterapkannya protokol kesehatan selama operasional," kata Nadia.

Baca Juga: Ganjil Genap Mulai Berlaku, TransJakarta Tambah 155 Armada dan 3 Rute

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya