Comscore Tracker

Ini Pesan Wagub DKI kepada Siswa yang Jalani MPLS dan MATSAMA

Disdik DKI sediakan portal untuk PJJ tahun ajaran baru

Jakarta, IDN Times - Sesuai Kalender Pendidikan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih diterapkan di tengah wabah COVID-19 ini.

Sesuai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) berlangsung mulai 13-15 Juli 2020.

Menanggapi dimulainya MPLS dan MATSAMA, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa MPLS dapat diterapkan sesuai dengan protokol COVID-19 dan menjadi semangat bagi peserta didik baru.

"Serta dapat menumbuhkan semangat baru bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dalam masa PSBB transisi, serta terbangunnya kolaborasi antara satuan pendidikan dengan orang tua peserta didik,” kata Riza dalam keterangannya, Senin (13/7/2020).

1. Disdik DKI luncurkan portal "Siap Belajar Jakarta"

Ini Pesan Wagub DKI kepada Siswa yang Jalani MPLS dan MATSAMAANTARA FOTO/Septianda Perdana

Untuk diketahui, pembelajaran pada masa transisi sekarang ini, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan portal Siap Belajar (siapbelajar.jakarta.go.id) atau bisa juga diakses melalui laman Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta (disdik.jakarta.go.id).

Pada menu utama ‘Siap Belajar Jakarta' disiapkan berbagai sumber utama rujukan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan belajar dan mengajar.

Baca Juga: Pemerintah Akan Alokasikan Dana Rp22 Triliun untuk Pendidikan Digital

2. Konten utama "Siap Belajar Jakarta" di tahun ajaran baru

Ini Pesan Wagub DKI kepada Siswa yang Jalani MPLS dan MATSAMAANTARA FOTO/Septianda Perdana

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta membuat konten Siap Belajar Jakarta. Adapun sejumlah konten utama pada Siap Belajar Jakarta sebagai berikut:

1. Prosedur informasi standar pelaksanaan pembelajaran masa transisi;
2. Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru
3. Panduan orientasi peserta didik lama, guru, dan orang tua
4. Panduan dan materi blended learning bagi guru, orang tua dan peserta didik
5. Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan. Pada poin Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan, Sekolah/Madrasah baik Negeri dan Swasta wajib mengisi asesmen yang dimaksud untuk memastikan kesiapan kondisi dan lingkungan, walaupun PJJ tetap berlangsung.

3. Alasan MPLS tetap dilakukan di tengah pandemik COVID-19

Ini Pesan Wagub DKI kepada Siswa yang Jalani MPLS dan MATSAMAKepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana saat memberikan keterangan pers secara virtual (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana mengatakan bahwa di tengah kondisi pandemik, program MPLS dan MATSAMA bagi peserta didik baru tetap perlu dilakukan guna memastikan peserta didik menjadi bagian dari satuan pendidikan, mengenal satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, peraturan-peraturan, dan program satuan pendidikan. 

"Kegiatan ini adalah upaya menumbuhkan karakter, semangat belajar, kemampuan literasi, mengembangkan kompetensi sosial peserta didik, dan menumbuhkan semangat kolaborasi antara pihak satuan pendidikan dengan orang tua/wali peserta didik, serta membangun kebanggaan peserta didik terhadap almamaternya,” ujar Nahdiana dalam keterangannya, Sabtu (11/7/2020).

Baca Juga: Bahas Polemik PPDB 2020, KPAI Akan Panggil Dinas Pendidikan DKI

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya