Iriana Jokowi Apresiasi Bunda PAUD Hilangkan Tes Calistung Masuk SD

Nadiem berharap, satuan pendidikan fokus pada fondasi anak

Jakarta, IDN Times - Ibu Negara Iriana Joko “Jokowi” Widodo memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD di seluruh Indonesia, atas pencapaian dan upaya memperkuat gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. 

Dia mengatakan, komitmen Bunda PAUD dalam gerakan "Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan" bisa menumbuhkan pengetahuan guru terkait pembelajaran di usia dini.

“Kami sangat berbangga, karena sejak gerakan ini diluncurkan, antusiasme di berbagai daerah di Indonesia sangat tinggi. Semakin banyak kegiatan sosialisasi yang dilakukan untuk membuka wawasan masyarakat terkait gerakan ini," kata dia dalam keterangannya, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Transisi PAUD ke SD Lebih Baik, Kemendikbudristek Inisiasi Gerakan Ini

1. Melaksanakan pembelajaran yang aktif dan eksploratif

Iriana Jokowi Apresiasi Bunda PAUD Hilangkan Tes Calistung Masuk SDIbu Negara Iriana Joko “Jokowi” Widodo Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional tahun 2023. (dok. Kemendikbud)

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, kebijakan gerakan transisi PAUD ke SD ditekankan perlu terus menerus dilakukan. Sebab, masih ada target perubahan lain yang perlu dipastikan terjadi dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan. 

Nadiem berharap, seluruh satuan pendidikan, baik PAUD maupun SD dapat menerapkan pembelajaran yang berfokus pada enam aspek kemampuan fondasi anak yakni kognitif, bahasa, motorik, sosial, seni, dan lingkungan.

“Kita harapkan bahwa satuan pendidikan telah melaksanakan pembelajaran yang aktif dan eksploratif, guna membangun rasa ingin tahu yang sarat dengan interaksi positif dalam membangun kepercayaan diri anak,” katanya.

2. Tiga target perubahan yang mulai tampak di tahun ajaran 2023 atau 2024

Iriana Jokowi Apresiasi Bunda PAUD Hilangkan Tes Calistung Masuk SDIbu Negara Iriana Joko “Jokowi” Widodo Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional tahun 2023. (dok. Kemendikbud)

Nadiem menjabarkan tiga target perubahan yang mulai tampak di tahun ajaran 2023 atau 2024. Beberapa daerah telah berhasil menghilangkan tes calistung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada pendidikan dasar (SD atau MI). 

Selain itu, penerapan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama, juga sudah banyak dilaksanakan oleh satuan pendidikan di berbagai daerah. Hal ini menurutnya tak luput dari peran Bunda PAUD yang secara aktif melakukan sosialisasi, advokasi, dan bahkan pendampingan selama masa PPDB dan MPLS tersebut.

3. Kemendikbud berikan penghargaan pada 42 Bunda PAUD

Iriana Jokowi Apresiasi Bunda PAUD Hilangkan Tes Calistung Masuk SDIbu Negara Iriana Joko “Jokowi” Widodo Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional tahun 2023. (dok. Kemendikbud)

Kemendikbudristek memberikan penghargaan kepada 42 Bunda PAUD melalui kategori Wiyata Dharma Utama, Wiyata Dharma Madya, dan Wiyata Dharma Pratama. Para penerima penghargaan tersebut adalah 9 terbaik untuk Bunda PAUD Provinsi, 24 terbaik untuk Bunda PAUD Kabupaten atau Kota Non-tertinggal, dan 9 terbaik untuk Bunda PAUD Kabupaten atau Daerah Tertinggal. 

Penghargaan ini diberikan berdasarkan program kerja dan aksi nyata yang dilakukan oleh Bunda PAUD di seluruh Indonesia, dalam mendukung tiga target perubahan Gerakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Mendukung Transisi PAUD-SD Lebih Menyenangkan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya