Jakarta Banjir, Anies Minta Fokus Evakuasi Warga

Anies juga mengatakan memasok air bersih

Jakarta, IDN Times - Banjir yang datang sejak malam tahun baru hingga Kamis (2/1) di sejumlah daerah di Jakarta, belum juga surut di beberapa titik. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan lebih berkonsentrasi untuk melakukan evakuasi penyelamatan warga.

"Ini (evakuasi) yang kita pastikan berjalan dengan baik," kata Anies saat mengunjungi Rusunawa Pesakih, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (2/1).

1. Pasokan air bersih untuk warga

Jakarta Banjir, Anies Minta Fokus Evakuasi WargaGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah), saat memberikan bantuan air bersih di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Selasa (5/11). Sumber foto: Dok. Humas Pemprov Jatim

Saat mengunjungi warga di Rusunawa Pesakih, Kamis (2/1), Anies mengklaim akan memasok air bersih untuk dipasok.

"Kita siapkan tangki-tangki untuk dikirim dan jumlah yang harus ditangani cukup banyak, maka itu antriannya agak panjang tapi insyaallah semua akan diberikan," kata dia.

Baca Juga: Jakarta Direndam Banjir, Anies Baswedan: Kami Siap Bertanggung Jawab

2. Pasokan penyediaan tangki air

Jakarta Banjir, Anies Minta Fokus Evakuasi WargaIlustrasi air bersih (IDN Times/Musthofa Aldo)

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan pemerintah telah menyiapkan setidaknya lima tangki pasokan air minum di Rusunawa Pesakih. Sedangkan, untuk di Rawa Buaya dan Cengkareng, disediakan masing-masing lima tangki air bersih.

"Total seluruh termasuk kapuk ada 60 kita siapkan," kata Rustam.

3. Anies nyemplung langsung ke tengah banjir

Jakarta Banjir, Anies Minta Fokus Evakuasi WargaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau banjir Kawasan Rusun Pesakih, Jakarta Barat. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ada sekitar 1.000 orang korban yang terdampak banjir di Rusunawa Pesakih, mereka merupakan warga dari RW 1 Semanan dan RW 14 Duri Kosambi yang mengungsi di Masjid Raya KH Hasyim Ashari Cengkareng.

Anies Baswedan sendiri langsung turun ke area banjir yang membuat dirinya basah sebagian. Debit air di Kali Mookevart yang berada tepat di samping pemukiman warga juga terlihat tinggi.

Baca perkembangan terkini seputar banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Anies Baswedan Tinjau Banjir Jakarta, Warga Teriak Minta Makan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya