Jalur Air Batavia dan Jembatan Glodok Kuno Ditemukan di Proyek MRT

PT MRT menyebut tidak akan memindahkan cagar budaya tersebut

Jakarta, IDN Times - Jembatan kuno Glodok dan jalur air Terakota Batavia ditemukan saat pembangunan Moda Raya Terpadu fase 2. Temuan beberapa cagar budaya saat pembangunan MRT fase 2 ini berada di jalur menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga stasiun kota.

"Kami melakukan 'checking' dan menemukan banyak sekali cagar budaya", kata Direktur Konstruksi PT Mass Rapid Transit  (MRT) Jakarta  Silvia Halim, di Jakarta, dilansir dari ANTARA, Rabu (21/9/2022.

Baca Juga: Pembangunan MRT Harmoni-Mangga Besar Dimulai, Target Rampung 2028

1. Saluran air untuk pasokan air bersih di Batavia kala itu

Jalur Air Batavia dan Jembatan Glodok Kuno Ditemukan di Proyek MRTPotret mesin bor terowongan (tunnel boring machine) 2 yang telah berhasil menyambung Stasiun MRT Monas dan Thamrin dalam pengerjaan proyek MRT Fase 2A CP 201. (Dok. PT MRT Jakarta)

Silvia menjelaskan, pihaknya harus memastikan penyelamatan cagar budaya sebelum mulai membangun terowongan maupun stasiun MRT di fase 2 pada jalur yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota ini.

Cagar budaya yang ditemukan saat PT MRT Jakarta berupa jembatan kuno Glodok dan jalur air Terakota Batavia, pada Desember 2021 dan Juli 2022.

Saluran air kuno batavia ini merupakan bagian dari sistem pasokan air bersih kota batavia yang dialirkan melalui kolam air sampai Benteng atau Kastil Batavia tang merupakan area Museum Fatahillah.

Sedangkan struktur jembatan Glodok Kuno sekarang menjadi Jalan Pancoran dan Jalan Pinangsia Raya. Berdasarkan peta lama Batavia, sebelumnya terdapat jembatan untuk menyeberangi kanal Kali Besar.

Baca Juga: Proyek MRT Jakarta Fase 4 Koridor Fatmawati-TMII Resmi Libatkan Korea

2. Harus belokkan jalur rel agar tak rusak cagar budaya

Jalur Air Batavia dan Jembatan Glodok Kuno Ditemukan di Proyek MRTANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pihak PT MRT mengklaim tidak bakal akan merusak cagar budaya tersebut dan akan melestarikan dengan melakukan pemajangan di museum. Kemudian menggunakannya kembali pada bangunan stasiun dan menjadikannya bagian arsitektur bangunan.

PT MRT Jakarta  juga harus membelokkan jalur rel agar tidak merusak cagar budaya berupa sisa tembok tua Batavia yang lebih dikenal dengan Pintu Besar.

3. Fase 2 koridor Bundaran HI-Stasiun Kota dimulai pada 14 Februari 2022

Jalur Air Batavia dan Jembatan Glodok Kuno Ditemukan di Proyek MRTIluastrasi MRT (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

MRT mulai melakukan pengerjaan fase 2 koridor Bundaran Hotel Indonesia-Stasiun Kota pada 14 Februari 2022 dan hingga saat kini sudah merampingkan pekerjaan sebanyak 15 persen.

PT MRT Jakarta juga baru melayani satu koridor yakni dari Lebak Bulus hingga Bunderan HI dengan jalur melayang dan melewati terowongan, sedangkan koridor 2 dari Bunderan HI hingga Jakarta Kota menggunakan jalur terowongan.

Baca Juga: Cara Naik Transjakarta, MRT, atau KRL ke  Ragunan, Jadi Lebih Cepat

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya