Jelang KTT ke-42 ASEAN, 253 Jurnalis Terverifikasi Meliput Kegiatan

Tak ada pendaftaran di tempat acara

Jakarta, IDN Times - Jelang agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Sekretariat Negara (Setneg) telah memverifikasi 253 orang jurnalis dari 131 media.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, menyatakan verifikasi itu masih terus berlangsung terhadap semua jurnalis yang telah mendaftar untuk meliput rangkaian KTT ke-42 ASEAN Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Ada 74 jurnalis dari media asing di Indonesia, 45 orang jurnalis dari media internasional dan 134 orang jurnalis media nasional,” kata dia dalam keterangannya, dilansir Selasa (9/5/2023).

1. Tidak ada pendaftaran peliputan di tempat

Jelang KTT ke-42 ASEAN, 253 Jurnalis Terverifikasi Meliput KegiatanDirektur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong. (IDN Times/Umi Kalsum)

Pendaftaran jurnalis peliput KTT ke-42 ASEAN telah berlangsung dari tanggal 3 sejak 26 April 2023. Menurut Usman Kansong menjelaskan hanya jurnalis terakreditasi yang diizinkan melakukan pelaporan dan wawancara pada KTT ASEAN ke-42.

“Pendaftaran di tempat tidak akan tersedia,” katanya.

Baca Juga: 6 Potret 11 Menteri Jelang KTT ASEAN, Belajar Kebudayaan di Bali

2. Pengambilan ID Jurnalis berlangsung hingga hari ini

Jelang KTT ke-42 ASEAN, 253 Jurnalis Terverifikasi Meliput KegiatanIlustrasi pers (IDN TImes/Arief Rahmat)

Pengambilan ID Jurnalis peliput dapat dilakukan di Hotel Bintang Flores dari 6 hingga 9 Mei 2023. Proses pengambilan menurut Usman bisa dilakukan yang bersangkutan atau perwakilan dengan menunjukkan surat konfirmasi akreditasi dan foto ID.

“Mulai pukul 09.00 hingga 17.00 Waktu Indonesia Tengah ada tim kami yang akan melayani jurnalis untuk pengambilan identitas,” katanya.

3. Berlangsung pada 10-11 Mei 2033

Jelang KTT ke-42 ASEAN, 253 Jurnalis Terverifikasi Meliput KegiatanBendera negara ASEAN di Bintang Flores, Labuan Bajo. (IDN Times/Sonya Michaella)

KTT ASEAN ke-42 akan segera digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023. Namun, rangkaian kegiatannya digelar mulai 8 Mei 2023.

KTT ini akan dihadiri 8 pemimpin negara ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste.

Sesuai keputusan para pemimpin ASEAN, Myanmar tidak diundang di level politik, sedangkan Perdana Menteri Thailand absen hadir karena pemilu di Thailand dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan KTT ASEAN.

Baca Juga: Hari Kedua di Labuan Bajo, Presiden Tinjau Gladi KTT Ke-42 ASEAN 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya