Jokowi: Dulu Ada Rencana Buat Buffer Zone di Area Depo Pertamina

Depo Plumpang pernah mengalami kejadian serupa tahun 2009

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah pernah membahas tentang buffer zone atau area penyangga bersama Pertamina untuk mencegah kebakaran di permukiman sekitar depo Plumpang, Jakarta Utara.

Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pembahasan tersebut terjadi pada 2009 ketika terjadi insiden kebakaran serupa di depo yang sama terjadi.

"Dulu memang sudah direncanakan untuk dibuat air di kanan-kirinya, sungai, tetapi memang belum sampai kepada titik mencarikan solusi bagi penduduknya yang ada di situ," kata dia di RPRTA Rasela, Minggu (5/3/2023).

Dia mengatakan, wilayah sekitar depo padat, maka dari itu, perlu ada solusi untuk mengatasi imbas dari kebakaran depo Plumpang.

"Tanah Merah-nya ini kan padat dan penuh. Semuanya harus dicarikan solusi. Saya kira, keamanan masyarakat, keselamatan masyarakat harus menjadi titik yang utama," katanya.

Depo Pertamina di Plumpang, Koja, Jakarta Utara terbakar pada Jumat (3/3/2023) malam. Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara melaporkan insiden kebakaran itu terjadi pukul 20.11 WIB. Hingga saat ini, terdata ada 19 korban meninggal akibat kebakaran itu.

Baca Juga: Jokowi: Depo Plumpang Zona Bahaya, Harus Pindah atau Warga Geser

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya