Comscore Tracker

Kampung Akuarium Sering Didatangi Orang yang Ngaku Punya Hak Rusun

Padahal orang itu bukan warga yang kena gusur 2016 silam

Jakarta, IDN Times - Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara telah resmi diisi oleh 107 warga di dua blok yakni B dan D. Ketua RT Kampung Susun Akuarium, Topaz Juanda mengatakan, kerap menerima orang yang mengaku punya hak hunian di rusun ini, padahal bukan warga yang sebelumnya tergusur.

"Ada (yang mengaku-ngaku), jadi kita tahu yang ngaku-ngaku bohong juga ada, atas nama siapa, kita cocokin dengan data kita," ujar dia saat ditemui IDN Times di Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (14/9/2021).

1. Pendataan warga dilakukan sejak 2016

Kampung Akuarium Sering Didatangi Orang yang Ngaku Punya Hak RusunKetua RT Kampung Akuarium, Topaz Juanda (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dia sudah mendata warga kampung setempat yang tersebar di sejumlah rusun di DKI, bahkan yang pulang ke kampung halaman juga sudah didata olehnya.

"Kalau pendataan itu dari awal 2016 kita sudah ada pendataan atau mapping, bangunan yang tergusur siapa namanya," kata Topaz.

Ada saja yang datang dan mengklaim mempunyai hak unit di Kampung Susun Akuarium, namun saat ditanya nama tetangga, mereka tak bisa menjawab.

Baca Juga: Cerita Pilu Anak-anak Kampung Akuarium Trauma Melihat Penggusuran

2. Ada 107 unit yang sudah terisi

Kampung Akuarium Sering Didatangi Orang yang Ngaku Punya Hak RusunSuasana Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Saat ini ada dua blok yang diisi yakni B dan D, total ada 107 kepala keluarga yang masuk ke Kampung Susun Akuarium ini.

"107 dari shelter, dan tambahan warga 15 itu non Rusun DKI, kebijakan," katanya.

Topaz menjelaskan hunian juga dilengkapi dengan unit usaha untuk masyarakat, namun belum digunakan karena masih ada yang harus diurus dengan pihak kontraktor.

Hingga saat ini, hunian belum dikenakan biaya sewa namun masyarakat dikenakan biaya operasional.

3. Anies bangun kampung Akuarium yang digusur Ahok

Kampung Akuarium Sering Didatangi Orang yang Ngaku Punya Hak RusunGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Akuarium, Kel. Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara pada Selasa (17/8/2021) (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara yang sempat digusur pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok pada 2016.

Penataan Kampung Akuarium termasuk dalam 21 kampung prioritas yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta dalam Keputusan Gubernur Nomor 878 Tahun 2018 tengang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat. Groundbreaking dimulai pada 17 Agustus 2020 dan rampung setahun kemudian.

Baca Juga: HUT ke-76 RI, Anies Resmikan Kampung Susun Akuarium di Penjaringan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya