Comscore Tracker

Kapolri: Akan Ada Polwan yang Diangkat Jadi Kapolda

Pengangkatan dilakukan 2-3 bulan ke depan, wah siapa ya?~

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Idham Azis menaikkan pangkat pada 42 perwira Polri, 13 di antaranya naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen dan 29 lainnya naik pangkat dari Kombes menjadi Irjen.

Dalam suasana pelantikan berdiri tegap 42 perwira yang rata-rata adalah pria, namun pemandangan berbeda terlihat saat ada dua orang polisi wanita (Polwan) yang turut mendapat kenaikan pangkat.

Dalam pidatonya, Idham mengatakan bahwa tidak ada perbedaaan antara laki-laki dan perempuan di institusi kepolisian, bahkan bisa saja ada polwan yang menjadi kapolda.

"Bahwa untuk polwan, kalau dia bagus, dia juga punya kesempatan yang sama seperti dengan polri untuk menorehkan prestasi," ujar Idham di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/2) sore.

1. Dua polwan yang naik pangkat

Kapolri: Akan Ada Polwan yang Diangkat Jadi KapoldaIlustrasi polwan (IDN Times/Candra Irawan)

Dua orang tersebut adalah Irjen Pol Sri Handayani (bintang dua) dan Brigjen Apriastini Bakti Bugiansri (bintang satu). Menurut Idham, adanya kenaikan pangkat kepada polwan institusi Polri, menunjukkan bahwa Polwan juga memiliki kesempatan yang sama seperti yang lain.

"Bahwa untuk polwan, kalau dia bagus, dia juga punya kesempatan yang sama seperti dengan polri untuk menorehkan prestasi," kata Idham.

Baca Juga: Fakta-fakta Polwan Nesti Dipecat karena Terpapar Paham Terorisme ISIS

2. Polwan juga berkesempatan jadi kapolda

Kapolri: Akan Ada Polwan yang Diangkat Jadi KapoldaUpacara kenaikan pangkat perwira dipimpin oleh Kapolri Idham Azis di Mabes Polri (IDN Times/Lia Hutasoit)

Menurut Idham, Irjen Pol Sri Handayani dan Brigjen Apriastini Bakti Bugiansri memiliki prestasi yang mumpuni dan tidak menutup kemungkinan dalam dua atau tiga bulan mendatang akan ada Polwan yang menduduki jabatan Kapolda.

"Jangan salah kalau dua, tiga bulan ke depan ada polwan yang mungkin bisa saya angkat jadi Kapolda. Itulah komitmen organisasi kita, agar siapa yang terbaik dia yang naik," ujarnya.

Irjen Pol Sri Handayani sendiri pernah Wakapolda Kalimantan Barat (Kalbar) dan tidak menutup kemungkinan dia memiliki kesempatan menjadi kapolda.

3. Tidak ada unsur patriarki di Polri

Kapolri: Akan Ada Polwan yang Diangkat Jadi KapoldaKepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Muhammad Iqbal (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam kesempatan yang sama Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Muhammad Iqbal juga menjelaskan hal yang senada bahwa polisi wanita memiliki hak yang sama untuk meniti jenjang karier hingga ke atas.

Asalkan mereka mempunyai catatan karier yang baik serta memiliki kinerja yang baik. Iqbal mengatakan tidak ada unsur patriarki dalam institusi Polri.

"Tidak ada sama sekali, sama peluangnya, asal Kapolri menegaskan bahwa berkinerja baik, memberikan pengabdian yang terbaik bagi institusi Kepolisian Negara Indonesia," kata Iqbal.

Baca Juga: 42 Perwira Polri Naik Pangkat, 13 di Antaranya Jadi Irjen

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya