Comscore Tracker

Kapolri Naikkan Pangkat 25 Perwira Tinggi Polri, 5 Jadi Bintang Dua

Lima perwira tinggi jadi Irjen dan 20 lainnya Brigjen

Jakarta, IDN Times - Polri menggelar upacara kenaikan pangkat pada sejumlah perwira tinggi, yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Idham Azis. Agenda ini dilaksanakan di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/10/2020).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, upacara kenaikan pangkat ini telah sesuai dengan Surat Telegram Bapak Kapolri Nomor : STR/703/X/KEP./2020 tanggal 19 Oktober 2020.

"Bahwa terdapat 25 perwira tinggi Polri yang mendapat kenaikan pangkat," kata Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/10/2020).

1. Lima perwira tinggi jadi Irjen dan 20 lainnya Brigjen

Kapolri Naikkan Pangkat 25 Perwira Tinggi Polri, 5 Jadi Bintang Dua(Ilustrasi anggota polisi) Dok. Humas Polri

Ada lima perwira tinggi yang naik pangkat dari brigadir jenderal (Brigjen) ke inspektur jenderal (Irjen), serta 20 perwira tinggi naik pangkat dari komisaris besar (Kombes) menjadi brigjen.

Selain jabatan di dalam institusi Polri, ada sejumlah anggota Polri yang diberikan penugasan di luar institusi Polri. Total ada sembilan personel yang mendapat jabatan di luar institusi Polri.

"Seperti BNN (Badan Narkotika Nasional), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kementerian Perdagangan, dan Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," kata Ahmad.

2. Daftar anggota Polri yang naik pangkat

Kapolri Naikkan Pangkat 25 Perwira Tinggi Polri, 5 Jadi Bintang Dua(Ilustrasi anggota polisi) Dok. Humas Polri

Merujuk pada telegram yang diterbitkan Kapolri, berikut lima jenderal polisi yang naik jabatan berbintang dua:

Irjen Didit Prabowo, Irjen I Ketut Argawa, Irjen Sudarsono, dan Irjen Yakobus Marjuki yang seluruhnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri. Sedangkan, perwira tinggi Bareskrim Polri penugasan di Kementerian Perdagangan adalah Irjen Pol Abdul Hasyim Gani.

Selain itu, 20 perwira menengah (pamen) yang naik pangkat menjadi perwira tinggi adalah Brigjen Sutardjo, Brigjen Suradiyana, Brigjen Deddy Setiabudi, Brigjen Heri Maryadi, Brigjen Ruslan Aspan, Brigjen Agus Pranoto, dan Brigjen Hendri Marpaung, Brigjen Agung Yudha Wibowo, Brigjen Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, Brigjen Suhendri, dan Brigjen I Gusti Kade Budhi Harryarsana.

Kemudian, Brigjen Bahtiar Ujang Purnama, dan Brigjen Yoyon Tony Surya Putra, serta Brigjen I Ketut Suardana, Brigjen Didik Agung Widjanarko, Brigjen Yudhiawan, Brigen Mardiyono, Brigjen Petrus Patrige Rudolf Renwarin, Brigjen Kumbul Kusdwijanto Sudjadi, dan Brigjen Viktor Theodorus Sihombing.

3. Mengadakan swab test sebelum upacara

Kapolri Naikkan Pangkat 25 Perwira Tinggi Polri, 5 Jadi Bintang DuaKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Karena upacara kenaikan pangkat pada sejumlah perwira tinggi ini berlangsung di masa pandemik COVID-19, sebelum upacara dimulai para peserta terlebih dahulu melaksanakan swab test atau tes usap pengecekan COVID-19.

Upacara ini juga, kata Ahmad, tetap memperhatikan protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya