Comscore Tracker

Kasus Teror Sigi, Jusuf Kalla: Kerahkan Semua Upaya Tumpas Sampai Akar

Teroris musuh bersama umat manusia harus dilawan

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla turut menanggapi kasus pembunuhan satu keluarga dan pembakaran sejumlah rumah di Desa Lemba Tonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

Jusuf Kalla atau JK mengatakan, aparat penegak hukum harus bisa menumpas kasus tersebut, supaya peristiwa teror serupa tak terjadi lagi di Poso bahkan seluruh Indonesia.

"Tentunya aparat kepolisian atau keamanan telah melakukan usaha keras dalam menumpas gerakan teroris. Tapi lagi kita berharap, aparat mengerahkan segala upaya menumpas gerakan teror sampai ke akar-akarnya agar mereka tidak berkeliaran lagi di Poso, demikian pula gerakan teror di wilayah lainnya di Indonesia. Dengan usaha keras aparat akan memulihkan rasa ketakutan masyarakat sekaligus memberi jaminan keamanan," kata JK dalam keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Mahfud: Tempat Persembunyian Pelaku Pembunuhan di Sigi Sudah Dikepung 

1. Teroris adalah musuh bersama umat manusia harus dilawan

Kasus Teror Sigi, Jusuf Kalla: Kerahkan Semua Upaya Tumpas Sampai AkarBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Peristiwa teror di Sigi terjadi pada Jumat, 27 November 2020, dan ditengarai dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora. Satu keluarga dibunuh pada Jumat sekitar pukul 10.30 WIT. Keluarga itu terdiri dari mertua, anak, dan menantu.

JK yang pernah menjabat Wakil Presiden Indonesia dua kali mengingatkan bahwa teroris adalah musuh bersama manusia, karena itu harus dilawan bersama-sama tanpa rasa takut.

2. Aksi teror di Sigi melampaui batas kemanusiaan

Kasus Teror Sigi, Jusuf Kalla: Kerahkan Semua Upaya Tumpas Sampai AkarIlustrasi Berita Pembunuhan (IDN Times/Sukma Shakti)

JK juga menyampaikan rasa belasungkawa terkait kasus ini. JK mengecam tindakan teroris tersebut sebagai sesuatu yang melampaui batas kemanusiaan.

“Atas peristiwa yang menimpa satu keluarga yang menjadi korban aksi teroris di Sigi Poso, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam, semoga para korban mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Saya juga mengecam keras aksi teroris yang melampaui batas-batas kemanusiaan yang terjadi di Poso tersebut," kata dia.

3. Tim Tinombala sudah kepung dan isolasi tempat persembunyian pelaku teror

Kasus Teror Sigi, Jusuf Kalla: Kerahkan Semua Upaya Tumpas Sampai AkarIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Tim Tinombala yang dibentuk pemerintah sudah mengisolasi dan mengepung tempat yang dicurigai sebagai lokasi persembunyian pelaku teror tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa Tim Tinombala sudah mengoordinasikan dengan pemerintah tahapan pengejaran pelaku.

"Tadi tim Tinombala sudah menyampaikan tahap-tahap yang dilakukan untuk mengejar pelaku, dan melakukan isolasi dan pengepungan terhadap tempat yang dicurigai ada kaitan dengan para pelaku," kata Mahfud dalam keterangannya melalui akun YouTube resmi Kemenko Polhukam, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Satgas TNI-POLRI Buru Pelaku Pembunuhan Sadis di Sigi

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya