Kebakaran Kapuk Muara: 1.000 Lebih Warga Terpaksa Mengungsi di Tenda

Warga butuh pakaian hingga popok bayi dan lansia

Jakarta, IDN Times - Sekitar lebih dari 1.000 orang tercatat menjadi pengungsi kebakaran Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Jumlah ini terdiri dari 200 kepala keluarga (KK).

Kebakaran terjadi RT 01/RW 03 Kelurahan Kapuk Muara. Para korban mengungsi ke tenda yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Terdapat 200 KK dengan jumlah jiwa diperkirakan kurang lebih 1.000 jiwa yang mengungsi ke dua tenda yang sudah didirikan dengan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah maupun dari Dinas Sosial," kata Lurah Kapuk Muara Jason Simanjuntak kepada wartawan di Jakarta Utara, dilansir dari ANTARA, Senin (31/7/2023).

Jason mengungkapkan, pihaknya siapkan dua tenda tambahan dari BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI) yang didirikan bagi korban kebakaran lainnya.

 

1. Petugas turunkan 25 unit mobil pemadam kebakaran

Kebakaran Kapuk Muara: 1.000 Lebih Warga Terpaksa Mengungsi di TendaKondisi pengurusan penyintas kebakaran di kawasan RT 01/RW 03 Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023) ( ANTARA/Abdu Faisal)

Kebakaran dapat dilokalisir oleh petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara. Ada 25 unit mobil pemadam dan personel berjumlah 140 orang yang diterjunkan.

Api kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk tersebut dipastikan tidak menjalar ke bangunan lainnya. Kawasan yang terbakar adalah wilayah Kampung Empang, sebagian rumah yang berada di sana turut terbakar.

Baca Juga: Kebakaran Lahap Rumah di Plumpang, 80 Personel Damkar Diterjunkan

2. Warga butuh pakaian hingga popok bayi dan lansia

Kebakaran Kapuk Muara: 1.000 Lebih Warga Terpaksa Mengungsi di TendaIlustrasi para pedagang Relokasi Pasar Johar Semarang mengais puing-puing dagangan yang masih bisa diselamatkan pasca kebakaran yang terjadi pada Rabu (3/2/2022) malam. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Jason mengungkap belum mendapat laporan terkait jumlah korban jiwa atau luka dalam peristiwa kebakaran di Kapuk Muara ini. Namun dia memastikan para penyintas kebakaran itu sudah berada di tempat yang aman.

"Mereka membutuhkan pakaian, pakaian dalam, popok bayi dan lansia serta bantuan obat-obatan," ujarnya.

3. Gudang penyimpanan triplek dan plastik ikut terbakar

Kebakaran Kapuk Muara: 1.000 Lebih Warga Terpaksa Mengungsi di TendaIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Dalam kejadian ini, sebuah gudang yang lokasinya berdekatan dengan permukiman warga juga turut ludes dilalap api.

"Sebenarnya ada gudang yang menyimpan berbagai barang termasuk kayak parfum, triplek, plastik dan berbagai barang juga ada," kata Jason.

Sementara penyebab kebakaran sedang diselidiki oleh pihak Kepolisian Sektor Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut).

Baca Juga: Plumpang Terbakar Lagi, Warga Panik Trauma Kebakaran Pertamina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya