Kemenhub Bebastugaskan Pegawai yang Ajak YouTuber Korea ke Hotel

Video ajakan ke hotel itu viral

Intinya Sih...

  • Kepala Kantor Bandara di Kolaka, Asri Damuna, dibebastugaskan setelah mengajak YouTuber Korea ke hotel.
  • Keputusan Kemenhub untuk memeriksa lebih dalam tindakan Asri dan memberikan sanksi jika terbukti melanggar aturan atau etika sebagai ASN.
  • Dua pria Indonesia yang diduga menggoda YouTuber Korea Selatan, Jiah, viral di media sosial dan menjadi bulan-bulanan warganet.

Jakarta, IDN Times - Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (Kabandara) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Asri Damuna dibebastugaskan dari jabatannya.

Hal ini dilakukan Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) setelah video Asri mengajak seorang YouTuber perempuan asal Korea ke hotel viral di media sosial. Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati.

"Memang benar yang bersangkutan Asri Damuna, Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka. Saat ini yang bersangkutan sudah dibebastugaskan untuk dapat dilakukan pemeriksaan oleh pejabat yang berwenang di Kemenhub," kata dia saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: Pria yang Ajak YouTuber Korea ke Hotel Punya Jabatan di Kemenhub RI

1. Akan ada sanksi jika terbukti lakukan pelanggaran

Kemenhub Bebastugaskan Pegawai yang Ajak YouTuber Korea ke HotelPotongan vlog dari youtuber Jiah (YouTube/Jiah)

Dengan adanya tindakan Asri itu, Kemenhub akhirnya membebastugaskannya. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa lebih dalam soal tindakan yang dilakukan Asri.

Nantinya, jika memang terbukti melakukan pelanggaran seperti masalah etika, maka Kemenhub akan memberikan sanksi kepada Asri.

"Jika terbukti ada hal-hal yang dilanggar, baik secara peraturan maupun etika sebagai ASN, maka akan diterapkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," kata dia.

Baca Juga: Kemenhub Buka Suara soal Pegawai yang Ajak YouTuber Korea ke Hotel

2. Kronologi YouTuber asal Korea Selatan diajak ke hotel

Kemenhub Bebastugaskan Pegawai yang Ajak YouTuber Korea ke HotelSosok pria yang viral di vlogger asal Korea yakni Jiah (X/Little_secret9)

Diberitakan, dua pria Indonesia yang diduga menggoda seorang YouTuber perjalanan asal Korea Selatan, Jiah.

Dalam sebuah video vlognya di Manado, Jiah tiba-tiba diajak dua orang pria saat dia sedang makan di lokasi yang sama. Dari percakapan yang dibangun mereka, terdapat ajakan pergi ke hotel oleh salah satu pria itu. Kedua pria itu mengaku bernama Albert dan Alex.

"Gabung sini gabung," kata pria itu dalam video vlog yang diunggah Jiah, dilihat IDN Times, Jumat (10/5/2024).

Jiah kala itu tengah menyantap beberapa masakan khas di sebuah restoran di Manado. Awalnya dia makan sendiri, tetapi ada dua pria tersebut yang mengajaknya untuk bergabung. 

Setelah bergabung dan makan bersama di satu meja yang sama, mereka sempat mengobrol ringan hingga sampai pada pertanyaan soal hotel yang diinapi Jiah dan kedua orang itu. Salah seorang pria menawarkan Jiah untuk datang ke hotelnya.

“Mampir ke hotel aku boleh, mampir ke hotel boleh,” ucap pria berkepala botak dalam potongan video itu, bernama Albert.

Namun Jiah bingung atas pertanyaan itu dan langsung mengalihkan jawaban bahwa dia ada perjalanan pukul 2 siang ke Bunaken.

Baca Juga: YouTuber Korea yang Diajak Pria ke Hotel, Kaget Videonya Viral

3. Profil Asri Damuna dikuliti netizen

Kemenhub Bebastugaskan Pegawai yang Ajak YouTuber Korea ke HotelSosok pria yang viral di vlogger asal Korea yakni Jiah (X/Little_secret9)

Pria itu menjadi bulan-bulanan warganet sehingga identitasnya pun dikuliti sampai akhirnya ditemukan.

"Terungkap sosok pria yang mengajak seorang Youtuber Korea Selatan (Jiah) ke hotel," tulis akun @little_secret9 dikutip Jumat.

Dalam video, pria itu mengaku bernama Albert dan mengajak Jiah ke hotel diduga bernama Asri Damuna dan menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Warganet juga mengungkapkan bahwa istri Asri menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Sangia Nibandera.

Ajakan pria tersebut viral di jagat maya dan dianggap tak pantas dilontarkan. Bahkan di bagian video lainnya, Jiah ditanyai apakah dia menggunakan nomor HP Indonesia atau Korea.

Lewat akun Instagram-nya, Jiah merespons video vlognya yang viral. Dia mengaku baik-baik saja dan dalam keadaan aman. Dia juga berterima kasih atas perhatian warganet dan mengaku akan lebih berhati-hati ke depannya.

"Saya terkejut melihat video saya tiba-tiba viral di medsos lain.. Terima kasih semuanya yang telah peduli kepada saya," kata Jiah.

Baca Juga: Warganet Kuliti Identitas Pria yang Ajak YouTuber Korea ke Hotel

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya