Kemenkes Akan Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar Monyet

Indonesia konfirmasi pasien pertama monkeypox

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengungkapkan pemerintah sedang menyiapkan pengadaan 10 ribu dosis vaksin monkeypox atau cacar monyet. 

Proses pengadaan vaksin ini diumumkan usai Kemenkes mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet di Indonesia. 

"Akan kita berikan kepada yang sedang menderita cacar monyet dalam masa inkubasi dan kepada kontak erat," kata Syahril dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga: Kemenkes Umumkan Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

1. Vaksinnya harus dapat rekomendasi badan POM

Kemenkes Akan Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar MonyetIDN Times/Helmi Shemi

Dia mengatakan, pengadaan vaksin ini masih dalam proses panjang.  "Tentu saja harus dari rekomendasi Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan)," kata dia.

Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengeluarkan rekomendasi vaksinasi massal seperti yang dilaksanakan untuk COVID-19.

Baca Juga: Pasien Pertama Cacar Monyet Diizinkan hanya Isolasi di Rumah

2. Cacar monyet tak perlu isolasi khusus

Kemenkes Akan Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar MonyetJuru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril saat berikan keterangan pers terkait "Penemuan Pasien Pertama Terkonfirmasi Monkeypox", Sabtu (20/8/2022)

Berbeda dengan isolasi pasien COVID-19, menurutnya, untuk isolasi pasien cacar monyet tidak harus di ruangan bertekanan negatif.

"Jadi, rumah sakit dengan surat edaran Dirjen P2P seharusnya punya ruang isolasi. Begitu pun di rumah, yang penting terpisah dari keluarga, tidak kontak dengan keluarga," ujar Syahril.

Oleh karena itu, pasien pertama cacar monyet pun tidak dirawat atau diisolasi di rumah sakit atau tempat khusus. WNI pria berusia 27 tahun itu hanya menjalani isolasi di rumah. Syahril menjelaskan kondisi pasien tersebut saat ini baik.

"Ada cacarnya di muka, di telapak tangan dan kaki dan sebagian sekitar alat genetalia," kata dia dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga: Pahami! Ini Perbedaan Cacar Air dan Cacar Monyet

3. Kemenkes meminta masyarakat jangan panik

Kemenkes Akan Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar MonyetIlustrasi cacar monyet (thestar.com.my)

Kemenkes meminta masyarakat tidak panik menghadapi cacar monyet. Masyarakat juga diminta tetap menerapkan protokol kesehahan, serta tidak kontak erat dengan pasien yang sudah terkonfirmasi positif cacar monyet karena penularannya terjadi pada sentuhan.

WHO mencatat lebih dari 18 ribu kasus cacar monyet yang dilaporkan secara global dari 78 negara, dengan mayoritas di Eropa. Wabah cacar monyet ini juga sudah ditetapkan sebagai situasi darurat kesehatan global, mengingat kasusnya yang semakin bertambah.

WHO mengatakan, sejauh ini, 98 persen kasus di luar negara-negara di Afrika di mana virus itu merupakan endemik telah dilaporkan pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Namun, WHO juga kini tengah menyiapkan vaksin untuk menghadapi virus tersebut. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya