Kepala BNPB: 11 Korban Longsor Natuna Meninggal, 47 Orang Hilang

Pencarian korban terhambat faktor cuaca menghambat

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menjelaskan, 11 orang korban bencana longsor di Serasan, Natuna, Kepulauan Riau seluruhnya terkonfirmasi telah meninggal dunia. Selain itu, masih ada 47 orang hilang

“Dari data yang didapat hari ini, karena waktu di Jakarta kemarin masih simpang siur. Jadi bukan 15 orang, tapi 11 orang yang meninggal dunia dan 47 orang yang masih hilang,” ujar Suharyanto dilansir ANTARA, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: Tanah Longsor di Natuna, 10 Orang Meninggal Dunia

1. Tim Basarnas bantu pencarian korban

Kepala BNPB: 11 Korban Longsor Natuna Meninggal, 47 Orang HilangBasarnas memintai keterangan awak kapal feri Laskar Pelangi (IDN Times/ dok Basarnas Balikpapan)

Suharyanto mengatakan, korban yang masih hilang akan menjadi prioritas BNPB untuk penanganan dan evakuasi yang saat ini berlangsung.

“Saya juga sudah membawa tim dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dari Jakarta, di samping Basarnas dari Kepri yang sudah bekerja di Serasan,” kata dia.

2. Faktor cuaca menghambat pencarian korban

Kepala BNPB: 11 Korban Longsor Natuna Meninggal, 47 Orang HilangTanah longsor terjadi Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/3/2023) (dok. BNPB)

Dalam pencarian korban di lokasi bencana, petugas menemukan kendala. Salah satunya karena faktor cuaca menghambat pencarian korban yang masih hilang.

“Faktor cuaca, sehingga tim belum maksimal bekerja di lapangan. Laporan dari tim juga di sana kondisinya masih mengkhawatirkan, karena tanahnya masih bergerak,” kata dia.

3. Maksimalkan penanganan longsor di Natuna

Kepala BNPB: 11 Korban Longsor Natuna Meninggal, 47 Orang HilangTanah longsor terjadi Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/3/2023) (dok. BNPB)

Selain pencarian korban hilang, prioritas utama BNPB adalah memastikan kondisi korban selamat yang saat ini berada di pengungsian.

“Jangan sampai nanti kebutuhan dasar mereka saat menjalani masa-masa bencana ini malah berkurang,” katanya.

Dia juga memastikan bahwa pihaknya tak akan membatasi pencarian maupun penanganan korban yang selamat. Seluruh upaya akan dilaksanakan secara maksimal.

“Jangan sampai berpikiran bahwa kalau sudah sampai di pulau, kami akan bekerja ala kadarnya. Justru yang jauh-jauh ini akan kami maksimalkan,” kata dia.

Baca Juga: Evakuasi Korban Longsor Natuna, Polri Kerahkan 145 Personel

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya