Kisah Samuah Menjemput Jenazah Anaknya Korban Kebakaran Plumpang

Hadi berada di peti jenazah berwarna cokelat

Jakarta, IDN Times - Jenazah Hadi, warga Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara akhirnya berhasil teridentifikasi oleh tim dokter Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (7/3/2023).

Hadi salah satu korban kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam. Sudah lima hari jenazah Hadi berada di RS Polri. 

"Jumlah total yang sudah berhasil teridentifikasi sampai dengan hari ini Selasa, 7 Maret 2023 pukul 16.00 WIB sejumlah delapan korban," kata Karo Dokpol Brigjen Pol. dr. Nyoman Eddy Purnama Wirawan saat konferensi pers di RS Polri, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: 5 Korban Kebakaran Depo Plumpang Teridentifikasi, 3 Pria 2 Perempuan 

1. Samuah berdiri menunggu proses pemulangan Hadi

Kisah Samuah Menjemput Jenazah Anaknya Korban Kebakaran PlumpangSalah satu korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja yakni Hadi (32) dijemput sang Ibu di Rumah Sakit RS Polri, Jakarta Timur Selasa (7/3/2023). (IDNTimes/Lia Hutasoit)

Di tengah proses administrasi pemulangan jenazah, terlihat ibunda Hadi, Samuah. Air matanya sudah habis. Ia terlihat tegar saat menjemput jasad anaknya.

Samuah sudah 40 tahun tinggal di kawasan sekitar Depo Pertamina Plumpang. Jarak rumahnya menghadap depan dengan tembok penghalang Depo.

Perempuan 54 tahun itu terlihat berdiri lama menunggu proses pemulangan jenazah anaknya yang meninggal di usia 30 tahun itu. Selasa sore, Samuah akhirnya pulang bersama peti jenazah Hadi yang dibawa dengan mobil jenazah.

2. Hadi masuk kembali ke rumah untuk mengambil HP

Kisah Samuah Menjemput Jenazah Anaknya Korban Kebakaran PlumpangSamuah (54) adalah salah satu korban kebakaran Depo Pertamina, Plumpang, Koja, Jakarta Utara menunggu identifikasi putranya, Hadi (30) di RS Polri, Kramat Jati Senin (6/3/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, Samuah sempat bercerita  saat detik-detik kebakaran terjadi, ia tengah bersama dua anaknya di rumah, Hadi dan Khairul.

"Kemudian tiba-tiba ada bau menyengat, terus ada ledakan," kata dia di RS Polri, Senin (6/3/2023).

Samuah dan dua buah hatinya itu langsung berusaha menyelamatkan diri. Dia dibonceng anaknya dengan sepeda motor. Tapi saat sudah keluar rumah, Hadi malah masuk kembali ke rumah  mengambil telepon genggamnya yang tertinggal.

"Saya dibawa sama anak saya Khairul kabur pakai motor, pas kita bertiga udah keluar, tiba-tiba Hadi masuk lagi karena mau ngambil HP dulu katanya," tutur Samuah. 

Nahas, Hadi tak kembali lagi dan dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Cerita Korban Kebakaran Plumpang Pulang ke Rumah Cari Barang Berharga

3. Ada lima jenazah teridentifikasi, termasuk Hadi

Kisah Samuah Menjemput Jenazah Anaknya Korban Kebakaran PlumpangDampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hadi menjadi salah satu di antara lima jenazah yang berhasil teridentifikasi pada Selasa (7/3/2023). Berikut lima jenazah yang berhasil teridentifikasi termasuk Hadi:

1. Sumiati atau Neneng, perempuan (71) teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA, gigi, medis, dan properti
2. Raffasya Zayid Athallah, laki-laki (4) teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA, gigi, medis, dan properti
3. Trish Rhea Aprilita, perempuan (12) teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA, gigi, dan medis
4. Suheri, laki-laki (32) teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA dan medis
5. Hadi, laki-laki (32) teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan DNA dan medis.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya