Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks Selama 2023, Banyak soal COVID-19

Banyak juga hoaks pemerintahan termasuk soal kebijakan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengidentifikasi 425 isu hoaks yang beredar di website dan platform digital, selama triwulan pertama 2023.

Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan pada triwulan pertama 2022 yang mencapai 393 isu hoaks. Pada Januari 2023, tim AIS Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menemukenali 147 isu hoaks. Kemudian, pada Februari 2023, ada 117 isu hoaks dan Maret 2023 terdapat 161 isu hoaks.

Baca Juga: Anies di Depan Kader PKS: Jangan Buat Hoaks, Tidak Perlu Maki Lawan 

1. Banyak isu hoaks soal COVID-19

Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks Selama 2023, Banyak soal COVID-19Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Berdasarkan kategori, isu hoaks paling banyak berkaitan dengan kesehatan. Tim AIS Kementerian Kominfo menemukan 2.256 isu hoaks dalam kategori ini.

Meskipun transisi ke endemik sedang berlangsung, ternyata banyak beredar isu hoaks yang berkaitan dengan COVID-19, baik mengenai virus maupun vaksinasi. Selain itu, ada banyak informasi yang menyesatkan, terutama berkaitan dengan khasiat tanaman atau obat dan produk kesehatan.

2. Banyak isu hoaks dalam kategori pemerintahan

Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks Selama 2023, Banyak soal COVID-19Presiden RI Joko Widodo melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan di Istana Negara, Kamis (10/3/2022). YouTube Sekretariat Negara

Isu hoaks yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah juga tercatat paling banyak ditemukan. Secara kumulatif, sejak Agustus 2018, Tim AIS Kementerian Kominfo menemuken 2.075 isu hoaks dalam kategori pemerintahan.

Paling banyak merujuk pada akun palsu pejabat pemerintah pusat dan daerah. Selain itu ada beberapa informasi menyesatkan mengenai kebijakan pemerintah terkini.

Sementara itu pada urutan ketiga tertinggi temuan isu hoaks, ada kategori penipuan. Tim AIS Kementerian Kominfo mengidentifikasi sebanyak 1.823 isu hoaks. Konten ini didominasi oleh tautan pishing dan penipuan serta penipuan dengan menggunakan nomor ponsel.

Baca Juga: Pria Asing Diduga Pilot Susi Air Gabung KKB, TNI: Foto Itu Hoaks!

3. Sejak dibentuk sudah ada 11.357 hoaks diindetifikasi AIS

Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks Selama 2023, Banyak soal COVID-19ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Tim AIS dibentuk pada Januari 2018 untuk pengaisan, identifikasi verifikasi dan validasi terhadap seluruh konten hoaks yang beredar ruang digital. Tim AIS gunakan mesin AIS yang diklaim bekerja 24 jam selama tujuh hari seminggu. Total sejak Agustus 2018 sampai 31 Maret 2023, Tim AIS Kementerian Kominfo sebanyak 11.357 isu hoaks.

Kementerian Kominfo melakukan publikasi berupa klarifikasi atas isu hoaks yang beredar itu. Selain itu, Kementerian Kominfo memutus akses atas konten yang teridentifikasi sebagai isu hoaks. Pemutusan akses ditujukan agar konten hoaks tidak tersebar luas dan merugikan masyarakat.

Kominfo mengimbau masyarakat untuk selalu cermat dan waspada atas peredaran isu hoaks, dan tidak menyebarluaskan konten yang berisi hoaks melalui platform apapun. Pengaduan konten dapat dilakukan dari email aduankonten@kominfo.go.id atau akun twitter @aduankonten atau melalui aplikasi pesan instan WhatsApp di nomor 081-1922-4545.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya