Kominfo Targetkan Persiapan Digital ID Rampung Akhir Februari

Penerapan Digital.ID libatkan berbagai kementerian

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah menyiapkan implementasi layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau digital ID. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menargetkan penerapan digitalisasi dokumen kependudukan itu tuntas pada akhir Februari 2024. 

“Diskusi ini sudah mengerucut ke tim teknis antara Kominfo, KemenPANRB, Kemendagri, Peruri dan juga BSSN. Tim teknis kami juga sudah menyiapkan detail kesiapan implementasi, tinggal menunggu lampu hijau untuk dieksekusi agar sesuai dengan target,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Kamis (15/2/2024).

Baca Juga: Kominfo: Perlu Aturan yang Komprehensif dalam Pemanfaatan AI

1. Berkenaan dengan UU ITE dan Perpres SPBE

Kominfo Targetkan Persiapan Digital ID Rampung Akhir FebruariMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Budi Arie Setiadi saat berada di Makassar, Kamis (1/2/2024). IDN TImes/Ashrawi Muin

Budi Arie menjelaskan, penerapan digital ID perlu memperhatikan aspek regulasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) beserta perubahannya dan Peraturan Presiden tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Kami sekadar mengingatkan bahwa terkait digital ID ini kita akan berpegang pada regulasi yang diatur yakni UU ITE dan Perpres mengenai SPBE,” ujarnya.

Baca Juga: Tim Hukum Anies-Muhaimin Kumpulkan Data Kecurangan Pemilu 2024

2. Digital ID jadi nilai tambah peningkatan layanan publik

Kominfo Targetkan Persiapan Digital ID Rampung Akhir FebruariIlustrasi media sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dia menjelaskan, hadirnya digital ID jadi nilai tambah meningkatkan layanan publik dan memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat melalui pilihan teknologi canggih. 

“Agar kita bisa delivery layanan yang prima dan aman dengan standar teknologi yang tinggi. Sekali lagi, yang penting digital ID ini ada regulasi sendiri, yaitu UU ITE dan Perpres SPBE yang juga harus jadi acuan,” katanya.

Baca Juga: Prabowo Ziarah ke Makam Orang Tua Usai Menang Sementara di Quick Count

3. Penerapan digital ID libatkan berbagai kementerian

Kominfo Targetkan Persiapan Digital ID Rampung Akhir FebruariMenteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitanmeminta kepada kementerian dan lembaga agar digital ID segera diimplementasikan.  

"Saya minta kepada Kominfo, Kementerian Dalam Negeri, Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia) memastikan kesiapan digital ID paling lambat akhir Februari 2024,” ujar Luhut 

Selain Kemenkominfo, Kemendagri, dan Peruri, penerapan digital ID juga melibatkan Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Keuangan, Badan Usaha Milik Negara, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Baca Juga: Ganjar: Tunggu Hasil KPU, Apapun Keputusannya Kita Hormati

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya