Komnas HAM: Dulu Pejabat Tidak Ada yang Menolak Ketika Dipanggil

Komnas HAM gelar pameran foto untuk refleksikan tradisi itu

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam menjelaskan konsep pemilihan pameran foto sebagai salah satu rangkaian peringatan hari HAM 2019.

Menurutnya pemilihan pameran foto adalah bentuk pengingat tradisi keterlibatan para pejabat tinggi yang mau hadir di Komnas HAM untuk memberikan keterangan soal pelanggaran HAM kala itu.

1. Kini pejabat yang tidak mau lagi sambangi Komnas HAM

Komnas HAM: Dulu Pejabat Tidak Ada yang Menolak Ketika DipanggilPameran foto Komnas HAM (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anam menjelaskan bahwa kini tradisi itu tidak ada lagi, maka dari itulah yang ingin direfleksikan oleh Komnas HAM melalui foto-foto.

"Kalau dulu orang dipanggil sama Komnas HAM, Jenderal siapapun datang," kata Anam dalam acara Pembukaan Peringatan Hari HAM 2019 di Kantor Komnas HAM, Senin (9/12).

Baca Juga: Rizieq Shihab Dicekal di Arab Saudi, FPI Tuding Pemerintah Langgar HAM

2. Sebagai pengingat bahwa Komnas HAM adalah rumah harapan

Komnas HAM: Dulu Pejabat Tidak Ada yang Menolak Ketika DipanggilIDN Times/Lia Hutasoit

Foto yang dipajang adalah foto-foto Komnas HAM selama 25 tahun belakang. Menurut Anam, foto yang ditampilkan adalah dinamika yang dihadapi Komnas HAM.

Dari foto-foto yang dipajang, Anam juga mengharapkan masyarakat dapat merefleksikan bahwa Komnas HAM adalah rumah harapan.

"Semua orang bisa masuk ke sini (Komnas HAM) mau dia dari background agama, dari orientasi seksual mau dia dari apapun, ketika Hak Asasi Manusia terlanggar dia ke sini," katanya.

3. Ragam foto yang ditampilkan dari berbagai kalangan

Komnas HAM: Dulu Pejabat Tidak Ada yang Menolak Ketika DipanggilPameran foto Komnas HAM peringatan Hari HAM 2019 (IDN Times/Lia Hutasoit)

Foto-foto yang dipajang bukan hanya foto korban yang berasal dari kalangan bawah, namun ada juga foto-foto pejabat tinggi dengan satu alasan, yakni perlakuan yang tidak manusiawi.

"Itu yang mau membalikkan kembali, mau mengingatkan kepada Kita semua bahwa Komnas HAM adalah rumah harapan," ujar Anam.

4. Peringatan hari HAM 2019

Komnas HAM: Dulu Pejabat Tidak Ada yang Menolak Ketika DipanggilWakil Presiden RI Ma'aruf Amin tiba di Launching Survei “Refleksi 20 Tahun Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia” di Kantor Komnas HAM. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jelang hari HAM internasional 10 Desember, Komnas HAM memilih tema "20 Tahun Undang-Undang nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Refeleksi dan Proyeksi".

Berbagai kegiatan dilaksanakan Komnas HAM, mulai dari pemutaran film dan diskusi di Kantor Perwakilan Komnas HAM, pameran foto dan berbagai seminar yang telah berlangsung sejak 4-13 Desember 2019.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hari Hak Asasi Manusia, Ma'ruf Amin Singgung Pelanggaran HAM Masa Lalu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya