Komnas HAM: Sambo Perintahkan Orang Bersihkan TKP Usai Yosua Tewas

Sambo juga membuat dirinya seperti orang terzalimi

Jakarta, IDN Times - Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, menjelaskan bahwa Ferdy Sambo bahkan memanggil sejumlah orang untuk membersihkan tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Yosua Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Hal ini jadi salah satu bentuk obstruction of justice atau tindak pidana menghalangi proses hukum.

"Pada hari jam-jam awal pun dia memanggil petugas tertentu untuk membersihkan barang-barang tertentu di TKP, kemudian dia menyuruh memindahkan barang bukti lain," kata dia kepada wartawan, Senin (29/8/2022).

1. Sambo buat narasi seolah-olah dia terzalimi

Komnas HAM: Sambo Perintahkan Orang Bersihkan TKP Usai Yosua TewasMantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (tengah) berjalan keluar ruangan usai mengikuti sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Divisi Propam Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Taufan juga menjelaskan dalam obstruction of justice di kasus ini, Sambo melakukan disinformasi kepada publik.

"Terus dia mengundang orang-orang seolah-olah dia terzalimi," ujar Taufan.

Setelah melakukan hal itu, alhasil banyak bantuan yang diberikan sejumlah pihak.

Selain itu, dari catatan komunikasi, juga sudah jelas bahwa Sambo memerintahkan para ajudannya untuk melaksanakan skenario yang disepakati.

"Artinya, mereka itu sudah dikondisikan ketika ditanya apa pun itu jawabnya sesuai dengan skenario yang sudah dirancang," katanya.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan 3 Tersangka Pakai Baju Tahanan Saat Rekonstruksi Besok

2. Barang bukti sebelum kejadian pasti lebih banyak

Komnas HAM: Sambo Perintahkan Orang Bersihkan TKP Usai Yosua TewasSuasana rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (15/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Taufan meyakini, dalam kasus ini sebenarnya ada lebih banyak barang bukti sebelum pembunuhan terjadi. Terlebih, beberapa ajudan diberikan handpone baru setelah kejadian dan handphone lamanya diambil.

"Untuk Richard misalnya tanggal 10 jam 01.00 WIB dini hari dia diberikan hp baru. Kelihatan komunikasinya itu mulai start jam 01.00 WIB lewat," ujarnya.

3. Handphone Yosua belum ditemukan

Komnas HAM: Sambo Perintahkan Orang Bersihkan TKP Usai Yosua TewasIDN Times/Margith Juita Damanik

Di handphone baru saja ditemukan bukti untuk mengingat skenario pemberian info yang keliru, apalagi jika ada bukti dari handphone lama sebelum kejadian. Namun sayangnya, gawai itu belum ditemukan.

"Hape Yosua dua belum ditemukan, saya rasa akan memperkuat konstruksi peristiwa itu," ujar dia.

Baca Juga: LPSK: Sulit Bagi Istri Ferdy Sambo Jadi JC, Ada Konflik Kepentingan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya