KPK Bakal Periksa Anies Besok Soal Dugaan Korupsi Formula E

KPK harap pihak yang dimintai keterangan kooperatif

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terkait dugaan kasus korupsi ajang balap motor listrik Formula E. Pemeriksaan Anies rencananya bakal berlangsung pada Rabu (7/9/2022), kata juru bicara KPK Ali Fikri.

“Dalam proses penyelidikan KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK,” ujar dia dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

1. Pemanggilan Anies lengkapi pengumpulan bahan keterangan

KPK Bakal Periksa Anies Besok Soal Dugaan Korupsi Formula EJuru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menjelaskan, jika memang keterangan seseorang dibutuhkan terkait dengan dugaan kasus korupsi, pasti akan dipanggil oleh KPK.

Hal ini untuk melengkapi pengumpulan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidananya.

Baca Juga: KPK Didesak Segera Tahan Tersangka Korupsi LNG Pertamina, Kenapa? 

2. Minta pihak yang dimintai keterangan kooperatif

KPK Bakal Periksa Anies Besok Soal Dugaan Korupsi Formula EPresiden Joko Widodo di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (dok. Biro Pers Setpres)

Dia mengungkapkan, pemanggilan Anies adalah proses atau salah satu langkah, agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan peristiwa pidana yang dimaksud.

“KPK berharap pihak-pihak agar kooperatif supaya seluruh proses berjalan secara efektif dan efisien, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku,” ujarnya.

3. Anies sebut bakal penuhi panggilan KPK

KPK Bakal Periksa Anies Besok Soal Dugaan Korupsi Formula EGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya. (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara, Anies Baswedan sebelumnya sudah mengatakan bakal datang memenuhi panggilan KPK besok.

Dia menjelaskan, kedatangannya ke KPK untuk memberi keterangan agar segala kecurigaan terkait penyelenggaraan Formula E menjadi lebih jelas.

“Betul, saya menerima surat pemanggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK pada hari Rabu tanggal 7 September pagi. Insyaallah saya akan datang,” terang Anies, di Mampang, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan: Tak Mungkin Bangun Kota Tanpa Relokasi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya