Lift Macet di Pakuwon Tower Tebet, 13 Orang Dievakuasi  

Tiga unit lift mengalami galat atau error

Jakarta, IDN Times - Insiden lift macet terjadi di Pakuwon Tower, Tebet, Jakarta Selatan pada Senin (8/5/2023) malam. Dalam kejadian ini, pihak pengelola memastikan sebanyak 13 orang berhasil diamankan dari tiga lift macet yang ada di gedung tersebut pada pukul 18.45 WIB.

"Lift pertama sembilan orang berhasil dievakuasi, lift kedua ada tiga orang yang berhasil dievakuasi, dan lift ketiga ada satu orang karyawan kita," kata Building Manager Pakuwon Tower Casablanca Agustius saat dilansir dari ANTARA, Selasa (9/5/2023) pagi.

1. Tiga unit lift mengalami galat atau error

Lift Macet di Pakuwon Tower Tebet, 13 Orang Dievakuasi  Ilustrasi Mal (IDN Times/Besse Fadhilah)

Agustius mengatakan, kala itu itu lift macet sekitar pukul 18.45 WIB dan saat itu pihaknya belum mengetahui ada tiga unit lift yang mengalami galat atau error.

Dia juga mendengar ada suara dentuman dari beberapa orang yang berasal dari gedung. Pihaknya langsung memastikan kondisi itu.

Tiga lift yang dimaksud berada di lantai yang berbeda yakni lantai lima, 27, dan 47.

Baca Juga: Perempuan Tewas di Lift Kualanamu, Erick Ungkap Nasib Direksi APA

2. Lift tidak dalam kondisi berat berlebih atau overload

Lift Macet di Pakuwon Tower Tebet, 13 Orang Dievakuasi  Warga melintas di depan lift yang memakan korban di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (3/5/2023). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Dengan adanya insiden dan letak lift yang berada di lantai berbeda, pihaknya melakukan evakuasi secara manual.

"Yang membuat lama evakuasi lift ini berhenti di tengah-tengah jalurnya karena hanya ada high zone sama midzone serta tidak ada pintu di level midzone-nya," katanya.

Pihaknya menunggu tiga lift itu dalam keadaan aman sehingga korban bisa dievakuasi untuk dicek kesehatannya di rumah sakit. Agustius menjelaskan tidak ada korban dalam kejadian ini sementara. Lift juga tidak dalam kondisi berat berlebih (overload).

"Lift ini dinyatakan aman kemudian tiba-tiba error dan tidak diketahui penyebabnya sehingga membuat orang panik," katanya.

3. Gedung Pakuwon Tower Casablanca pada hari ini tetap dibuka

Lift Macet di Pakuwon Tower Tebet, 13 Orang Dievakuasi  IIustrasi suasana gedung perkantoran di Jakarta. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Saat evakuasi ada juga pegawai lainnya yang inisiatif lewat tangga darurat lantaran sejumlah lift dimatikan mengantisipasi tidak ada korban terjebak kembali.

Pihaknya juga memastikan untuk keamanan utama ibu hamil dan pihak yang punya penyakit tertentu agar selamat.

"Kami setiap bulan rutin perawatan untuk pemeriksaan keamanan dengan tim perawatan eksternal dan internal," katanya.

Agus menyatakan gedung Pakuwon Tower Casablanca pada hari ini tetap dibuka, dengan kemungkinan ada beberapa lift yang tidak dijalankan.

Baca Juga: Perempuan Tewas di Lift, 5 Petugas Bandara Kualanamu Dinonaktifkan

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya