Menhub: Arus Mudik Tinggi Diperkirakan Berlangsung Hari Ini dan Besok

Lebih baik kembali dari kampung pada hari pertama lebaran

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan puncak arus mudik kemungkinan bakal terjadi sejak hari ini Rabu (19/4/2023) hingga Kamis (20/4/2023).

Namun, Budi tidak secara rinci menyebutkan persentase seberapa tinggi puncak arus mudik pada momen Idul Fitri 1444 Hijriah ini.

"Hari ini memang tertinggi kalau kita ngomong berapa persen itu sulit secara kuantifikasi kita sampaikan. Tapi mudik yang paling tertinggi itu hari ini dan besok," kata Budi dalam konferensi pers di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

1. Kembali dari mudik pada hari pertama lebaran saja

Menhub: Arus Mudik Tinggi Diperkirakan Berlangsung Hari Ini dan BesokKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungi Budi Karya Sumadi meninjau arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di Stasiun Pasar Senen Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Dengan kondisi yang seperti ini, Budi mengatakan bahwa akan lebih tepat masyarakat mengatur waktu mudik yakni jika bisa adalah kembali di hari pertama Idul Fitri.

"Jadi yang paling benar adalah manage waktunya kalau bisa pulangnya pada saat hari pertama sudah sungkeman, pulang. Karena hari kedua padat sekali," ujarnya

Untuk mengantisipasi kepadatan pemudik saat momen mudik Lebaran dan Polri, kementerian serta lembaga terkait juga sudah melaksanakan Operasi Ketupat sejak 18 April hingga nanti 1 Mei 2023.

Baca Juga: Kasus COVID Naik Jelang Lebaran, Jokowi Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

2. Ada hampir 20 ribu penumpang mudik dari Stasiun Pasar Senen

Menhub: Arus Mudik Tinggi Diperkirakan Berlangsung Hari Ini dan BesokKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungi Budi Karya Sumadi meninjau arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di Stasiun Pasar Senen Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan terdapat peningkatan jumlah penumpang dari situasi normal di Stasiun Pasar Senen.

Sigit mengatakan pada hari pertama cuti bersama momen Lebaran Idul Fitri 1444 H jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen telah mencapai 19.900 penumpang.

"Secara umum terjadi peningkatan dari normal ke biasanya tadi dilaporkan kurang lebih ada 19.900 penumpang yang diangkut, hampir sama dengan yang kemarin juga jumlahnya hampir 20.000," kata Sigit dalam kesempatan yang sama.

3. Hari ini jadi puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen dan Gambir

Menhub: Arus Mudik Tinggi Diperkirakan Berlangsung Hari Ini dan BesokSuasana kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Rabu (19/4/2023) jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kepala Humas (Kahumas) Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan keberangkatan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir mulai mengalami kenaikan secara signifikan pada Rabu (19/4/2023) yang bertepatan dengan momen cuti Lebaran Idul Fitri 1444 H yang pertama.

"Artinya puncak arus mudik kalau kita melihat dari sisi okupansi penumpang, puncak arus mudik dari area jakarta mulai terjadi tanggal 19 ini sampai tanggal 21 nanti," kata Eva.

Eva menjelaskan secara keseluruhan pada 19 hingga 21 April okupansi dari kereta-kereta yang berangkat, baik dari Pasar Senen atau pun Stasiun Gambir mencapai 100 persen.

Baca Juga: Yogyakarta Tujuan Favorit Pengguna Kereta di Daop 1 Jakarta Buat Mudik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya