Menko Polhukam Berharap Kolaboasi TNI-Polri Jaga Sinergitas Pilkada

Jaga bersama untuk mengamankan Pilkada serentak 2024

Jakarta, IDN Times - Menkopolhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meminta agar TNI dan Polri bisa menjaga sinergi jelang berlangsungnya pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024. Dia berterima kasih dan mengungkapkan jika sinergi dan kolaborasi TNI-Polri menciptakan suasana pesta demokrasi Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

"Sinergitas soliditas ini harus kita jaga bersama untuk mengamankan Pilkada serentak nanti pada tahun 2024," kata dia dalam agenda Buka Puasa Bersama TNI-Polri, di lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Hal ini disampaikan dihadapan mantan wakil Presiden ke-6 Jusuf Kalla; Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, serta Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto hingga tokoh agama Gus Miftah.

1. Polri-TNI diharapkan jadi pelopor di dalam menjaga persatuan

Menko Polhukam Berharap Kolaboasi TNI-Polri Jaga Sinergitas PilkadaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berpesan agar semua jajarannya agar tetap solid dan terus menjaga persatuan baik Polri maupun TNI. Dia menjelaskan pemilu 2024  banyak perbedaan pendapat hingga terjadi polarisasi.

"Saya ingatkan baru saja kita melaksanakan serangkaian kegiatan demokrasi yang tentunya di situ terjadi perbedaan pendapat yang kalau kita biarkan tentunya akan terus memunculkan polarisasi," ungkap Sigit dalam sambutannya. 

Baca Juga: Mendagri Minta Penjabat Kepala Daerah Segera Penuhi Anggaran Pilkada

2. Kamtibmas selama bulan Ramadan secara umum berjalan aman

Menko Polhukam Berharap Kolaboasi TNI-Polri Jaga Sinergitas PilkadaMenko Polhukam, Hadi Tjahjanto (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Berkenaan dengan suasana Ramadan dia mengaku, sejak hasil sidang isbat oleh pemerintah menetapkan Ramadhan pada 12 Maret 2024 kondisi ketertiban masyarakat terbilang aman. Hal ini, kata dia tidak terlepas dari sinergi dan soliditas TNI-Polri dan seluruh komponen bangsa.

"Selain itu kita lihat juga situasi Kamtibmas selama bulan Ramadan secara umum berjalan aman dan lancar," ujarnya.

3. Gelar kekuatan TNI-Polri dan pemerintah jelang arus mudik

Menko Polhukam Berharap Kolaboasi TNI-Polri Jaga Sinergitas PilkadaPembukaan mudik gratis offline di Dishub Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Jelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Hadi mengantisipasi kondisi arus mudik. Dia dan elemen pemerintahan lainnya sudah melaksanakan pengecekkan fasilitas jelang mudik. Ini kata dia sebagai bentuk pengamanan

"Semuanya direncanakan dengan baik dengan menggelar kekuatan di titik-titik lemah. Termasuk adanya pos pengamanan pos terpadu dan pos pelayanan," kata dia.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya