Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru Era Digital, Apa Saja?

Yuk siapkan kemampuan digital songsong revolusi industri 4.0

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan, ada 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan semakin meningkat di Indonesia.

Informasi tersebut didapatkan melalui The Future of Job yang dirilis World Economic Forum 2021. Sebanyak 10 jenis pekerjaan baru ini muncul karena perkembangan inovasi dari utilisisasi teknologi digital.

“Sepuluh jenis pekerjaan itu antara lain data analyst and scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration manager, serta business development professional,” kata Johnny dalam keterangannya, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Digital Branding bagi Pelaku UMKM, Usaha Jadi Maju

1. Peluang kerja ini diharapkan terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional

Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru Era Digital, Apa Saja?Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Dok. Kominfo)

Menghadapi era revolusi industri 4.0, Kemkominfo, kata Johnny, selalu mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional. Karena itu, ia mendorong kolaborasi bertaraf internasional agar, ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan cepat dan terarah. 

“Untuk itu, saya berpesan agar STMM mampu memulai kerjasama dan sinergi dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia, agar STMM dapat menjadi perguruan tinggi yang makin terdepan,” ujar Jhonny saat orasi ilmiah Wisuda Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) “MMTC” Yogyakarta 2021 secara virtual.

2. Lulusan STMM jadi garda terdepan dalam akselerasi transformasi digital nasional

Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru Era Digital, Apa Saja?Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Pada era revolusi industri 4.0, Menkominfo berharap, lulusan STMM menjadi garda terdepan dalam akselerasi transformasi digital nasional. Sekaligus bisa menerapkan pengabdian kepada masyarakat dengan ide, gagasan, serta inovasi untuk membangun Indonesia yang lebih cerah.

“Berbagai ujian telah dilewati dengan nilai studi yang menunjukkan komitmen serta kerja keras kalian dalam menempuh jenjang pendidikan. Namun, penentu masa depan tidak hanya terkait dengan nilai studi semata. Cara berpikir yang visioner, kepribadian yang luhur, serta karakter yang kuat juga merupakan pelengkap modal dasar menuju kesuksesan sebagai generasi masa depan Indonesia," ujar Jhonny.

 

Baca Juga: Indonesia Makin Cakap Digital: Pentingnya Literasi Digital

3. Bonus demografi harus dimanfaatkan dengan baik

Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru Era Digital, Apa Saja?Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Dok. Kominfo)

Jhonny juga mengharapkan agar bonus demografi di Indonesia kelak harus dimanfaatkan dengan baik, melalui pembentukan generasi muda sebagai agen perubahan dan pemimpin masa depan yang hebat.

“Jadilah generasi muda yang adaptif, yang inovatif, serta tetap mempertahankan etika dan moral akademik dalam semangat kebinekaan Indonesia. Niatkan hati untuk membangun ibu pertiwi, perkuat kolaborasi dan sinergi wujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ujar Menkominfo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya