Menteri PPPA Dorong Perempuan Indonesia Lebih Berdaya dan Tangguh 

Kontribusi perempuan penopang negeri

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, berharap perempuan Indonesia bisa mandiri dan tangguh. Menurutnya, itu adalah kunci agar perempuan bisa berpartisipasi dalam setiap akses, dimulai dalam keluarga hingga ke setiap sektor pembangunan.

"Kalau kita bicara masalah kontribusi perempuan, ini sebenarnya sudah luar biasa. Perempuan Indonesia adalah perempuan yang hebat dan luar biasa, tidak ada istilah yang tidak mungkin dan tidak bisa dikerjakan oleh perempuan, asalkan diberikan kesempatan," ujarnya dalam Awarding Night Inspirasi Perempuan Fest, di Jakarta, dilansir Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Komnas Perempuan Ungkap Pentingnya Perlindungan Perempuan Pembela HAM

1. Bintang sebut perempuan Indonesia makin maju dalam berpikir

Menteri PPPA Dorong Perempuan Indonesia Lebih Berdaya dan Tangguh GERAK Perempuan lakukan aksi di Monas untuk memeringati hari International Women’s Day, di halaman Monas, Minggu (8/3) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dia menilai perlu adanya upaya yang lebih signifikan dalam memberikan pengakuan terhadap kontribusi perempuan. Perempuan di Indonesia sudah semakin maju dalam berpikir, berkarya, dan memberikan kontribusi yang nyata untuk sekelilingnya, sehingga potensi mereka harus juga mendapat dukungan dari semua pihak.

“Hanya saja permasalahannya adalah pengakuan terhadap kontribusi perempuan masih menjadi PR yang harus kita selesaikan,” kata Bintang.

2. Kontribusi perempuan jadi penopang negeri

Menteri PPPA Dorong Perempuan Indonesia Lebih Berdaya dan Tangguh GERAK Perempuan lakukan aksi di Monas untuk memeringati hari International Women’s Day, di halaman Monas, Minggu (8/3) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Meski ketimpangan akses dan partisipasi masih banyak dihadapi oleh kelompok perempuan, dia mendorong perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan potensi dan memberdayakan dirinya dalam berbagai aspek kehidupan.

“Bagi perempuan di seluruh Indonesia, jadilah perempuan yang mandiri, jadilah perempuan yang tangguh. Teruslah berkarya, berinovasi, dan berkreativitas. Kita sebagai perempuan adalah ibu dan calon ibu. Oleh karena itu, tentunya kontribusi perempuan adalah penopang dan fondasi negeri dari aspek sosial dan ekonomi. Hidup perempuan Indonesia!” katanya.

Baca Juga: Perempuan-Perempuan Tangguh di Balik Sumpah Pemuda, Ada yang Remaja

3. Perempuan bantu dan dukung sesama perempuan

Menteri PPPA Dorong Perempuan Indonesia Lebih Berdaya dan Tangguh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau Bintang Puspayoga (kanan), dikukuhkan menjadi Bunda GenRe Nasional. (Dok. BKKBN)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kontribusi perempuan dalam perlombaan ‘Inspirasi Perempuan Fest’. Terlebih, banyak perempuan yang memenangkan perlombaan foto dan karya tulis dari berbagai kategori.

“Sebagai pemimpin perempuan, kita harus membantu dan mendukung perempuan Indonesia untuk bergotong royong membangun bangsa dan negara. Selain itu, sebagai pemimpin perempuan kita harus bekerja lebih keras untuk membuktikan bahwa kita (perempuan) mampu,” kata Puan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya