Meriahkan HUT ke-496 DKI, Pj Gubernur Ikut Lomba Masak Nasi Goreng

Informasi publik penting buat kawal kebijakan publik Jakarta

Jakarta, IDN Times - Puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta berlangsung Kamis (22/6/2023). Berbagai kegiatan dan perlombaan digelar untuk memeriahkan hari jadi ibu kota.

Bahkan, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, turut berpartisipasi langsung sebagai peserta lomba, demi meramaikan HUT DKI. 

Baca Juga: Hore! Masuk Ancol Gratis Sebulan, Sambut HUT ke 496 DKI Jakarta

1. Pj Gubernur DKI ikut lomba memasak nasi goreng

Meriahkan HUT ke-496 DKI, Pj Gubernur Ikut Lomba Masak Nasi Goreng(Instagram/@herubudihartono)

Hari ini, Rabu (21/6/2023), diadakan Lomba Masak Nasi Goreng di halaman Balai Kota. Heru Budi turut meramaikan acara ini sebagai peserta lomba.

"Saya dan Sekda DKI Pak Joko Agus Setyono ikut menjadi peserta lomba bersama para kepala dinas, dan perwakilan OPD di lingkungan Pemprov DKI,"  kata Heru.

Acara semakin meriah dengan hadirnya tim pendukung dari masing-masing OPD yang bersorak memberikan semangat. "Semoga acara ini dapat memperkuat kekompakan internal dan mempererat tali silaturahmi antar OPD di Pemprov DKI," tulis Heru di akun Instagramnya.

"Kami juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang turut serta dalam acara ini. Mari kita utamakan berbelanja produk lokal untuk mendukung UMKM kita serta pertumbuhan ekonomi di Jakarta," sambungnya.

2. Tarif TransJakarta, LRT, dan MRT jadi Rp1

Meriahkan HUT ke-496 DKI, Pj Gubernur Ikut Lomba Masak Nasi GorengIlustrasi bus TransJakarta saat menunggu penumpang di Halte Cibubur, Jakarta Timur. (IDN Times/Rochmanudin)

Kemeriahan HUT DKI juga turut dirasakan pengguna transportasi umum. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp1 bagi tiga moda transportasi, yakni TransJakarta, LRT, dan MRT, selama perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta pada Kamis (22/6/2023).

“Itu gratis, memang dalam prosesnya karena ini terkait dengan pencatatan transaksi itu biasa dikenakan Rp1 saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kepada awak media.

Baca Juga: HUT ke-496 DKI Jakarta, Heru Ingin Ada Simbol Alam di Berbagai Acara

3. Catatan untuk DKI Jakarta: Dorong partisipasi masyarakat untuk mengetahui informasi

Meriahkan HUT ke-496 DKI, Pj Gubernur Ikut Lomba Masak Nasi GorengMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dalam rangka HUT DKI, penting juga masalah pelayanan kepada masyarakat. Salah satu yang perlu diubah adalah pemenuhan kebutuhan hak atas informasi, sebagai bagian pilar demokrasi mengawal pembangunan Jakarta semakin baik.

Menurut Ketua Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta, Harry Ara Hutabarat, pihaknya sebagai lembaga mengawal implementasi Hak Atas Informasi, berupaya agar hak atas informasi menimbulkan semangat partisipasi untuk mengawal kebijakan publik Jakarta.

"UU KIP (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik) memiliki peran besar membangun masyarakat informasi melalui penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan," kata dia dalam keterangannya, Rabu.

Harry mengatakan, KI DKI Jakarta berperan mendorong partisipasi masyarakat untuk selalu tahu informasi tentang persoalan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat dan bernegara, keterbukaan informasi publik. Hal ini, kata dia, dirasa sesuai dengan tema HUT DKI tahun ini, yakni Jadi Karya untuk Nusantara.

"Selamat ulang tahun Kota Jakarta, mari berkarya untuk nusantara melalui keterbukaan informasi publik," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya