Pasien Pertama Cacar Monyet Ada Di Jakarta, Pulang dari Luar Negeri

Pasien cacar monyet isoman di rumah

Jakarta IDN Times - Kementerian Kesehatan mengonfirmasi kasus pertama monkeypox alias cacar monyet di Indonesia berada di DKI Jakarta. Pasien tersebut baru saja kembali usai bepergian ke salah satu negara yang terserang wabah cacar monyet.

"Habis bepergian dari ada di 89 negara yang termasuk dalam WHO," ujar juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet ini adalah pria berusia 27 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Syahril mengatakan pasien tersebut pulang dari luar negeri pada 8 Agutsus 2022, kemudian mulai bergejala monkeypox pada 14 agustus 2022 dengan merasakan demam. Pada 16 Agustus, mulai muncul ruam di tubuh pasien ini.

"Baru pada 18 Agustus dia datang ke fasilitas kesehatan dan hasilnya ternyata positif monkeypox pada 19 Agustus 2022 malam."

Syahril mengatakan bahwa pasien positif ini teridentifikasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan mandiri bukan dari surveillance. Dia mengatakan, pasien ini tidak masuk ruang isolasi dan hanya melaksanakan isolasi di rumah karena kondisinya baik, tidak bergejala berat.

"Kontak langsung dari di tempat dia bepergian," ujarnya.

Baca Juga: Kemenkes Umumkan Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya