Pasien Suspect Virus Corona di Eka Hospital Cibubur Dinyatakan Negatif

Pasien adalah mahasiswi yang baru kembali dari Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Eka Hospital Cibubur diduga sedang menangani salah satu pasien suspect virus corona. Pasien itu seorang mahasiswi Indonesia yang baru saja pulang dari kota Guilin, Tiongkok. 

Marketing & Public Relation Director Erwin Suyanto mengatakan memang benar ada seorang pasien yang dibawa ke Eka Hospital Cibubur dalam keadaan demam dengan suhu 40 derajat celcius dan baru saja pulang dari Tiongkok. Erwin menjelaskan pasien itu memang terjangkit virus, namun virus lain yang tak ada hubungannya dengan corona. 

"Saya gak tahu, ini kita bilangnya infeksi virus tapi kita gak tahu virus apa, yang pasti bukan (virus) corona gitu. Tapi, gejalanya mirip," kata Erwin saat dihubungi oleh IDN Times melalui telepon pada Senin (3/2).

Lalu, bagaimana hasil pemeriksaan kesehatannya menurut Kementerian Kesehatan?

1. Pasien baru pulang dari Tiongkok dan mengeluh demam 40 derajat celcius

Pasien Suspect Virus Corona di Eka Hospital Cibubur Dinyatakan NegatifIlustrasi. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Pihak keluarga pasien mengaku sebelum terserang demam, mahasiswi itu baru pulang dari kota Guilin, Tiongkok pada (17/1) lalu. 

"Mahasiswi baru pulang dari Guilin, Tiongkok. Memang demam 40 derajat, plus sedang flu," ungkap Erwin. 

Baca Juga: Korban Virus Corona Terus Bertambah, 362 Orang Meninggal Dunia

2. Eka Hospital Cibubur langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan usai menerima satu pasien itu

Pasien Suspect Virus Corona di Eka Hospital Cibubur Dinyatakan NegatifAnggota paramiliter menggunakan masker saat berjaga di Gerbang Tiananmen, saat sejumlah wilayah dilanda wabah virus korona baru, di Beijing, Tiongkok, pada 27 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Erwin mengatakan bahwa setelah mengetahui ada pasien yang baru pulang dari Tiongkok dan mengalami demam, pihak rumah sakit langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan melakukan pengambilan sampel. Sampel sudah diambil pada tanggal Rabu (29/1) oleh Dinkes.

Hasilnya telah diterima oleh pihak Eka Hospital pada Minggu (2/1) pagi. Hasilnya, kata Erwin, negatif.

"Negatif, dari Kemenkes Litbakes. itu negatif dan ada suratnya," ungkap Erwin. 

3. Pasien sedang dalam masa pemulihan

Pasien Suspect Virus Corona di Eka Hospital Cibubur Dinyatakan NegatifDok.IDN Times/Istimewa

Sementara, Erwin menjelaskan saat ini pasien itu sedang menjalani perawatan pemulihan karena ia sempat mengalami demam tinggi dan flu. Pasien, kata Erwin lagi juga masih merasakan alergi.

"Sekarang pasiennya sedang dirawat di kamar biasa sampai selesai dulu deh soalnya masih lemas. Sekarang posisi demamnya sudah reda, cuma ada alergi sedikit, gatal-gatal," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Virus Corona: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Topik:

Berita Terkini Lainnya