Pengunjung Ragunan Hari Ini Tembus 25 Ribu, Belum Capai Puncaknya

Pendaftaran harus H-1 kedatangan

Jakarta, IDN Times - Masa libur lebaran menjadi pilihan masyarakat untuk mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan. Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan TMR, Bambang Wahyudi menjelaskan hingga Rabu (4/5/2022) pukul 12.00 WIB sudah ada 25 ribu pengunjung yang datang untuk melihat aneka ragam satwa yang ada.

"Hingga pukul 12 sudah ada 25.716 orang. Sementara kita tutup pukul 16.00 WIB, maksimal 17.00 WIB," kata dia, Rabu.

Dia mengatakan, pengunjung di hari ketiga lebaran lebih tinggi dari hari kedua pada Selasa (3/5/2022) kemarin.

Baca Juga: Hari Kedua Lebaran, Pengunjung THP Kenjeran Naik 50 Persen

1. Belum mencapai puncak kunjungan

Pengunjung Ragunan Hari Ini Tembus 25 Ribu, Belum Capai PuncaknyaTaman Margasatwa Ragunan di era pandemik. (instagram.com/ragunanzoo)

Walaupun ada perbedaan jumlah pengunjung dari hari sebelumnya, Bambang mengatakan hal ini belum bisa dikatakan sebagai puncak pengunjung Ragunan. Pihaknya akan lakukan evaluasi data selama delapan hari ke depan.

"Kan baru dua hari belum bisa dikatakan puncak," kata dia.

Baca Juga: Cocok untuk Wisata Ramadan 2022, Intip 4 Wisata Religi Jabar

2. Biasanya Ragunan ramai pada hari Minggu

Pengunjung Ragunan Hari Ini Tembus 25 Ribu, Belum Capai PuncaknyaIlustrasi Australian Pelican (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dia mengatakan masih ada akhir pekan yang bisa dilihat sebagai peningkatan jumlah pengunjung dalam masa libur lebaran ini. Biasanya kata Bambang, orang-orang lebih punya banyak waktu berkunjung ke Ragunan pada hari minggu.

"Kemungkinan di dua atau tiga hari ini tetap akan tinggi," katanya.

3. Harus sudah daftar H-1 kedatangan ke Ragunan

Pengunjung Ragunan Hari Ini Tembus 25 Ribu, Belum Capai PuncaknyaIlustrasi satwa Indonesia, Burung Unta di Kebun Binatang Ragunan (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Bambang menjelaskan ada tambahan kuota pengunjung pada masa libur lebaran ini dengan sistem pendaftaran online pada H-1 waktu kunjungan. Kuota yang ditambahkan sekitar 75 persen atau setara dengan 45 ribu orang.

"Pengunjung yang besok mau daftar hari ini harus sudah daftar," kata dia.

Mata pengujung, kata Bambang, banyak yang tertuku pada area kandang Gajah dan Jerapah. "Itu paling ramai," ujarnya.

4. Ini cara beli tiket Ragunan dan harganya

Pengunjung Ragunan Hari Ini Tembus 25 Ribu, Belum Capai PuncaknyaSeorang pengunjung Ragunan saat memindai aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Sihol Hasugian)

Perlu diketahui, untuk mengunjungi Ragunan diharuskan memesan tiket secara online dengan mengakses bit.ly/PesantiketTMR, isi data dan  menyertakan KTP.

Dalam satu kali pendaftaran,masyarakat bisa memesan tiket maksimal untuk lima orang, nantinya akan ada e-mail yang jadi bukti akses masuk Ragunan. Baru bukti ini bisa ditukarkan dengan tiket masuk Ragunan. Harga tiket Ragunan untuk pengunjung dewasa Rp4.000, anak-anak Rp3.000.

Sedangkan Harga tiket parkir Rp3.000 untuk motor, kemudian Rp6.000 mobil, dan Rp1.000 untuk sepeda.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya