Perkecil Kesenjangan Gender Digital, Kemkominfo Buka Program Beasiswa

Beasiswa pelatihan digital itu juga menargetkan ibu rumah

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjalankan Program Digital Talent Scholarship, untuk meminimalkan kesenjangan digital dan disparitas bagi perempuan di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba mengatakan, program ini diharapkan dapat memajukan dan mengembangkan keterampilan talenta muda, termasuk perempuan Indonesia.

“Berdasarkan data dari Kominfo, antara pria dan wanita di Indonesia saat ini memiliki kesenjangan sebesar 1 persen dalam kepemilikan ponsel. Sedangkan pada kasus kapabilitas penggunaan internet, memiliki gap 5 persen," ujar dia dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: WEF: Pandemik COVID-19 Tingkatkan Kesenjangan dan Perpecahan Sosial

1. Kesenjangan gender digital selama pandemik makin kontekstual

Perkecil Kesenjangan Gender Digital,  Kemkominfo Buka Program BeasiswaSekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba (Dok. Kemkominfo)

Menurutnya, masalah kesenjangan gender dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) selama pandemik COVID-19, menjadi lebih kontekstual.

Mira juga mengatakan bahwa kondisi pemanfaatan TIK di Indonesia selama pandemik kian meningkat, seiring bertumbuhnya bisnis online yang tergabung dalam platform e-Commerce dan dijalankan sendiri oleh perempuan.

2. Berusaha tutup 5 persen kesenjangan gender digital, Kemkominfo buka program beasiswa

Perkecil Kesenjangan Gender Digital,  Kemkominfo Buka Program BeasiswaIlustrasi Buffering (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan adanya kondisi tersebut, Mira mengatakan bahwa Kemkominfo terus berupaya untuk menutup 5 persen kesenjangan gender digital yang masih terjadi dengan membekali kapasitas perempuan Indonesia dalam keterampilan TIK.

"Karena kita perlu melihat lebih banyak keterlibatan perempuan. Sehingga, kita membuka program beasiswa yang meliputi Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, dan Professional Academy," kata dia.

3. Pelatihan juga menargetkan ibu rumah tangga

Perkecil Kesenjangan Gender Digital,  Kemkominfo Buka Program BeasiswaIlustrasi bekerja dari rumah. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia juga menjelaskan bahwa beasiswa pelatihan digital itu juga menargetkan ibu rumah tangga, pemilik usaha, dan UMKM. Khusus untuk usaha mikro dan kecil agar memanfaatkan pasar online guna membantu pemasaran produknya.

“Saat ini terdapat sekitar 80 hingga 90 persen alumni pada program DTS yang menggunakan keterampilan baru dalam pekerjaannya,” ucap Mira.

Bahkan dalam perumusan kebijakan sektor komunikasi dan informatika, Mira menyebutkan peran perempuan cukup signifikan.

“Di Kementerian Komunikasi dan Informatika saja saat ini terdapat delapan pemimpin perempuan setingkat direktur. Jadi, kami menempati sekitar 19 persen dari total SGDG dalam level direktur,” kata dia.

Baca Juga: Masih Pandemik, Transformasi Digital Jadi Kunci Pulihkan Ekonomi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya