Pidato di Forum C40, Anies Klaim 3 Perubahan Jakarta Selama Pandemik

Mulai dari kualitas udara hingga bebas macet

Jakarta, IDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan beberapa perubahan Jakarta di tengah pandemik COVID-19. Dia mengatakan ada sejumlah perubahan signifikan yang terjadi, salah satunya udara yang lebih bersih.

"Karena pergerakan orang dibatasi, ekonomi kota melambat. Namun di sisi lain banyak kota dan penduduknya mengalami pengalaman langka. Apa itu? Udara bersih. Termasuk kami di sini di Jakarta," kata dia dalam acara virtual Time to Act: Sustainable Recovery yang diikuti anggota forum C40 Cities, Rabu, 17 Februari 2021 malam.

Baca Juga: Efektivitas Flyover Tapal Kuda Urai Kemacetan Diuji Coba hingga Besok

1. Anies paparkan keberhasilan Jakarta keluar dari kota termacet

Pidato di Forum C40, Anies Klaim 3 Perubahan Jakarta Selama PandemikIlustrasi kemacetan Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Selain itu, Anies juga mengatakan, selama masa pandemik, Jakarta berhasil mengambil momentum sukses di bidang transportasi dan mobilitas melalui keluarnya Jakarta dari 10 besar kota paling macet di dunia, menurut Indeks Lalu Lintas Tomtom 2020.

"Kami sudah lama dianggap sebagai salah satu dari 10 kota teratas yang paling macet di dunia, menurut indeks lalu lintas Tomtom 2020. Faktanya kami turun ke posisi 31," ujarnya.

2. Peningkatan penggunaan sepeda dan angkutan umum

Pidato di Forum C40, Anies Klaim 3 Perubahan Jakarta Selama PandemikSepeda dan helm. IDN Times/Febriana Sinta

Selain itu, Anies juga mengklaim Jakarta berhasil meningkatnya jumlah pengendara sepeda di Jakarta hingga 10 kali lipat, berkat perubahan paradigma dari sepeda untuk sarana olahraga menjadi moda transportasi sehari-hari dengan peningkatan jalur sepeda.

“Kami juga melihat kesempatan dalam tren baru ini untuk lebih mendorong integrasi berbagai moda transportasi umum, sehingga mampu melipatgandakan jumlah penumpang angkutan umum harian dalam waktu tiga tahun. Dan membuat jalur sepeda 96 kilometer, didukung oleh 52 tempat berbagi sepeda, dan merencanakan total jalur sepeda sepanjang 500 kilometer," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

3. Anies sebut Jakarta siap penuhi target emisi bersih 2050

Pidato di Forum C40, Anies Klaim 3 Perubahan Jakarta Selama PandemikIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies juga menyatakan Jakarta siap dan menyambut baik untuk berkolaborasi dengan berbagai kota di dunia, dalam mencapai target emisi bersih pada 2050 dan mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca pada 2030. Terlebih Jakarta telah banyak belajar banyak dari inisiatif kota-kota di dunia seperti Tokyo, Paris, Seoul, Medellin, Pune, dan banyak lainnya.

“Sebagai wakil ketua C40, saya memperkuat komitmen dan mengajak untuk berkolaborasi dengan anda semua. Dengan semangat inilah kami menyampaikan keinginan kami untuk bergandengan tangan dengan anda semua dan menyatakan bahwa sekaranglah saatnya untuk bertindak demi mobilitas yang berkelanjutan, kota yang berketahanan, dan kolaborasi yang kuat,” kata Anies.

Baca Juga: Anies: Ada 1.500 Pedagang Tanah Abang Divaksin Tiap Harinya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya