Polisi Tangkap Dua Tokoh Khilafatul Muslimin dan Sita Uang Rp2 Miliar

Ada empat brankas digeledah

Jakarta, IDN Times -  Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya kembali menangkap dua orang tersangka terkait Khilafatul Muslimin di Teluk Betung, Bandar Lampung.

Polisi juga menggeledah kembali ruang Kantor Pusat Khilafatul Muslimin tersebut sejak pukul 10.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi.

“Kedua tersangka yang diamankan berperan sebagai pelaksana operasional organisasi. Mereka membantu tersangka utama, yaitu pimpinan tertinggi ormas Khilafatul Muslimin yang rekam jejaknya sebagai salah satu terpidana kasus pengeboman Candi Borobudur tahun 1985 hingga menjalani hukuman penjara,” kata Hengki Haryadi, Sabtu (11/6/2022).

1. Ditemukan uang Rp2 miliar dari beberapa brankas besi

Polisi Tangkap Dua Tokoh Khilafatul Muslimin dan Sita Uang Rp2 MiliarIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari hasil penggeledahan, penyidik menemukan total empat brankas besi. Tiga di antaranya berukuran sedang dan satu berukuran besar yang berisi uang tunai dengan jumlah lebih dari Rp2 miliar.

Selain itu, penyidik mendapati kembali dokumen-dokumen tertulis yang menunjukkan praktik penyebaran paham ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

2. Barang bukti dibawa ke Polda Metro Jaya

Polisi Tangkap Dua Tokoh Khilafatul Muslimin dan Sita Uang Rp2 MiliarKapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memeriksa barang bukti terkait penyerangan Polisi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Penangkapan dan penggeledahan tersebut dilakukan bersama TNI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan tokoh agama di Bandar Lampung.

Semua barang bukti yang diamankan akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

3. Khilafatul Muslimin klaim sejalan dengan Pancasila

Polisi Tangkap Dua Tokoh Khilafatul Muslimin dan Sita Uang Rp2 MiliarPendiri Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja. Foto: Youtube Khilafatul Muslimin.

Organisasi Khilafatul Muslimin mengklaim dirinya sebagai organisasi masyarakat yang berlandaskan keagamaan serta sejalan dengan ideologi Pancasila.

Namun polisi mengungkapkan fakta berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan bahwa ormas tersebut bertolak belakang dengan Pancasila. Khilafatul Muslimin bahkan mengajarkan kepada pengikutnya tentang pemahaman yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya