Polisi: Titik Api dari Balik Plafon Atas Blok C2 Lapas Tangerang

Polisi temukan kabel terbuka di titik api

Jakarta, IDN Times - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat menjelaskan, penyidik sudah olah tempat kejadian perkara (TKP) di Blok hunian Chandiri 2 (Blok C2) Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten. Hasil sementara, penyidik menemukan satu titik api, di balik plafon atas blok C2. 

Blok ini sebelumnya terbakar hebat pada Rabu (8/9/2021) dini hari dan menewaskan 41 orang. "Kemudian dari hasil TKP disimpulkan titik apinya satu. Titik api bersumber di satu titik dan kemudian terjadi di atas di balik plafon. Plafonnya terbuat dari bahan triplek yang mudah terbakar," kata dia di lokasi kejadian, hari ini. 

Pada titik api itu, kata dia, petugas juga menemukan ada kabel kabel yang terbuka. Saat ini, petugas tengah mendalami, apakah terbukanya kabel itu menjadi penyebab kebakaran atau penyebab arus pendek listrik. "Ini perlu diuji," kata dia. 

Pemeriksaan lebih lanjut, kata Tubagus terhadap hasil barang yang dikumpulkan itu akan dianalisis di labfor secara laboratoris untuk menyatakan apakah itu merupakan sebab atau apakah itu merupakan akibat si kabel kabel terbakar.

"Apa penyebabnya? Nah itu hasil dari labfor setelah dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkap, olah TKP ini digelar bersama Inafis, baik dari Polda maupun bareskrim. "Kemudian, yang kedua, kita melibatkan dari Puslabfor Bareskrim Polri," ujarnya. 

Dari TKP, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain kabel kabel, beberapa alat listrik dan saluran instalasi.

Baca Juga: [BREAKING] Yasonna: Kebakaran Lapas Tangerang Diduga Karena Korsleting Listrik

Baca Juga: [BREAKING] Lapas Tangerang Over Capacity hingga 245 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya