Polri dan Kemenhub Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Jelang Nataru

Ketapang dan Gilimanuk bakal padat

Jakarta, IDN Times - Kakorlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengungkapkan pihaknya memgantisipasi mobilisasi masyarakat selama libur natal dan tahun baru atau Nataru 2023-2024 di sejumlah pelabuhan .

Antisipasi jalur penyeberangan menjadi konsentrasi Polri, termasuk di Merak, Ketapang, Gilimanuk maupun penyeberangan yang lain. 

“Kita sudah menyiapkan konsep operasi di sana. Sehingga supply kendaraan ke pelabuhan ini kita atur sehingga tidak terjadi kepadatan di sana, terjadi stuck sehingga dapat keluar dari dermaga,” kata dia usai rapat koordinasi tingkat menteri (RTM) tentang persiapan Nataru 2023-2024 di Kantor Kemenko PMK, Senin (11/12/2023).

1. ASDP telah sediakan kapal besar

Polri dan Kemenhub Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Jelang NataruIDN Times/Haikal

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang jadi jalur penyeberangan yang paling sibuk.

“Oleh karena itu saya juga menugaskan ASDP menggunakan jangkar Situbondo, terutama untuk orang-orang yang akan ke Lombok,” katanya.

Dia juga bersyukur ASDP sudah menyiapkan kapal-kapal yang lebih besar karena tahun lalu momen Nataru di pelabuhan diwarnai dengan kemacetan. Selain itu untuk di Merak dan Bakauheni, Budi mengaku masih terbilang aman. 

“Kita nggak mau itu macet,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Prediksi Ada Pergerakan 107 Juta Orang Saat Libur Nataru

2. Jalur tol diserahkan ke Korlantas dan Jasamarga

Polri dan Kemenhub Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Jelang NataruVolume kendaraan arus mudik Tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim jelang Lebaran 2022. (ANTARA/Aji Styawan)

Sedangkan di jalur yang ada di jalan tol, dia menyerahkannya ke Korlantas dan Jasamarga sudah karena ada sistem yang bisa mendeteksi kendaraan yang akan masuk ke satu titik.

“Kita sudah siap mengantisipasi besarnya lalu lintas yang akan dilalui,” katanya.

Baca Juga: Polri Antisipasi Kepadatan Arus Mudik Nataru di Tiga Klaster Ini

3. Minta perhatian lebih untuk wilayah Yogyakarta yang akan ramai

Polri dan Kemenhub Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Jelang NataruIlustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Secara khusus dan jadi perhatian, dia meminta agar Kakorlantas bisa mengamankan jalur perjalanan Yogyakarta yang disebut jadi tujuan paling  banyak di momen Nataru ini

“Padahal Jogja itu masih belum ada jalan tol sehingga mungkin untuk saya mohonkan kakorlantas untuk memberi perhatian secara khusus,” ujarnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya