Pulang ke Indonesia Pekan Depan, Polisi Periksa Status Perkara Rizieq

Polisi juga minta agar massa yang menjemput bisa tertib

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab direncanakan pulang ke Indonesia pekan depan. Dia dijadwalkan berangkat menggunakan pesawat Saudi Airlines Nomor 816 dari Bandara Kota Jeddah Arab Saudi menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Lalu, bagaimana kasus-kasuh hukum yang menjerat Habib Rizieq?

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengungkapkan jika pengusutan perkara yang menjerat Rizieq akan diperiksa lebih dulu ke jajaran yang menangani kasus ini.

"Nanti masih dikoordinasikan. Satu-satu kita lihat bagaimana," kata Awi di Mabes Polri, Rabu (4/11/2020).

1. Massa yang jemput Rizieq diminta tertib

Pulang ke Indonesia Pekan Depan, Polisi Periksa Status Perkara RizieqKepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono (Dok. Humas Polri)

Awi juga mengingatkan massa yang hendak menjemput Rizieq bisa memperhatikan kondisi bandara, apalagi bandara Soekarno Hatta merupakan bandara Internasional.

“Laksanakan penjemputan dengan tertib. Ingat, Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara internasional, banyak kepentingan di sana, termasuk tempat pelayanan publik,” ujar pria berusia 50 tahun itu.

Dia mengatakan jika situasi tak kondusif, Polri akan turun tangan untuk melakukan pengamanan secukupnya.

Baca Juga: Rizieq: Jika Pemerintah Mengaku Bantu Lobi Saudi, Itu Bohong Besar!

2. Rizieq akan terbang dari Arab Saudi 9 November 2020

Pulang ke Indonesia Pekan Depan, Polisi Periksa Status Perkara RizieqPeserta reuni 212 membawa bendera besar dengan wajah Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Rizieq Shihab mengumumkan bakal pulang ke Indonesia pada Selasa, 10 November 2020. Dia menyebut visanya baru diperpanjang, sedangkan pencekalan dan pembayaran dendanya dicabut. Sementara, surat keluar dari Arab Saudi sudah diterbitkan.

"Tiket sudah terbeli untuk saya dan keluarga, paspor juga sudah di tangan, tiket di tangan. Jadi Insyaallah kalau tak ada aral melintang semua akan berjalan dengan lancar," beber Rizieq seperti disiarkan di channel YouTube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Setibanya di tanah air, Rizieq dijadwalkan akan mengikuti salat subuh bersama dan menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat 13 November 2020. Nantinya dia juga bakal berkunjung ke kediaman Ali bin Abdurrahman Assegaf.

3. Rizieq sudah ditetapkan jadi tersangka

Pulang ke Indonesia Pekan Depan, Polisi Periksa Status Perkara Rizieq(Pendiri FPI Rizieq Shihab) Tangkapan layar YouTube Front TV

Habib Rizieq diketahui terjerat beberapa kasus hukum, termasuk dugaan percakapan yang mengandung konten pornografi dengan Firza Husein. Dia bahkan sudah ditetapkan sebagai tersangka pada Mei 2017 lalu.

Tapi, dia tak pernah memenuhi panggilan polisi, karena pergi ke Arab Saudi dan bermukim di sana.

Rizieq juga terjerat dengan penodaan Pancasila yang dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri pada 27 Oktober 2016. Dia juga langsung ditetapkan sebagai tersangka pada 30 Januari 2017, namun kemudian kasus ini dinyatakan SP3 atau dihentikan.

Baca Juga: Usai Tiba di RI, Rizieq Shihab Akan Hadiri Acara Maulid Nabi di Tebet

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya