Selebgram Makassar Jadi Tersangka TPPU Jaringan Narkoba Fredy Pratama

Dia adalah tersangka TPPU

Jakarta, IDN Times - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri kembali menetapkan tersangka kasus jaringan narkoba Fredy Pratama. Dia adalah NU, yakni tersangka kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus ini.

Wadirtipid Narkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi mengatakan, NU merupakan istri dari S, yang notabene bagian dari jaringan Fredy. Dia bertugas sebagai koordinator jaringan yang ada di wilayah Sulawesi Selatan.

NU sendiri merupakan seorang selebgram asal Makassar yang acap wara-wiri di media sosial.

"Jadi NU ini adalah istri daripada S yang sampai hari ini kita masih lakukan pencarian terhadap yang bersangkutan," kata dia, Senin (18/9/2023).

1. Polisi mengamankan kendaraan dan barang mewah

Selebgram Makassar Jadi Tersangka TPPU Jaringan Narkoba Fredy PratamaWakil Direktur (Wadir) Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Pihaknya juga tengah menelusuri aset berupa tanah dan bangunan dari NU. Namun, polisi sudah mengamankan beberapa jenis kendaraan hingga menyita barang mewah.

"Kemudian dari yang bersangkutan juga kita lakukan penyitaan terhadap barang-barang bermerk seperti tas LV,  Hermès dan beberapa jenis barang yang lainnya," kata Jayadi.

Baca Juga: Memburu Fredy Pratama, Bareskrim Melebarkan Operasi Escobar

2. Suami NU yakni S berkolaborasi dengan tersangka WW

Selebgram Makassar Jadi Tersangka TPPU Jaringan Narkoba Fredy PratamaIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia menjelaskan, suami NU yakni S, berkolaborasi dengan tersangka lainnya yakni WW, terduga yang sudah diamankan terlebih dahulu okeh kepolisian. Dia merupakan koordinator wilayah Sulawesi Selatan daerah Timur dan berkolaborasi dengan S yang masih buron.

"Sebagai pengendali, pengendali untuk peredaran bareng narkotika jenis sabu untuk wilayah Sulawesi Selatan," katanya.

Meski suaminya kenal dengan WW dan berkolaborasi dalam jaringan narkoba Fredy, Jayadi mengatakan NU tidak kenal dengan Fredy.

3. NU gunakan uang hasil jualan narkoba sang suami untuk beli aset

Selebgram Makassar Jadi Tersangka TPPU Jaringan Narkoba Fredy Pratamailustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Jadi, dalam kasus ini NU memanfaatkan uang hasil penjualan sabu yang dilakukan suaminya, yakni S. Uang ini dia manfaatkan dengan membeli aset seperti kendaraan dan barang mewah. 

"Kalau NU tidak menggunakan secara langsung narkotika. Tetapi memanfaatkan aset-aset hasil dari penjualan narkotika dari S, kemudian dimanfaatkan atau diserahkan S kepada istrinya untuk membeli ataupun berinvestasi dengan pembelian barang-barang," kata Jayadi.

Polisi sendiri mengatakan, NU terakhir kali bertemu sang suami pekan lalu usai penangkapan jaringan narkoba Fredy dibongkar polisi.

Baca Juga: Selebgram Makassar Ditangkap Terkait Jaringan Narkoba Fredy Pratama

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya