Serikat Guru Tolak Wacana Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS

Tak semua sekolah dapat dana bos afirmatif

Jakarta, IDN Times - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diusulkan menjadi anggaran program makan siang gratis. Ketua Dewan Pakar FSGI Retno Listyarti mengungkapkan beberapa dasar penolakan wacana ini.

Salah satunya adalah tak semua sekolah dapat BOS Afirmasi yang merupakan program pemerintah pusat. Dana itu dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal.

“BOS Afirmasi selama ini hanya diberikan pada sekolah-sekolah tertentu, misalnya sekolah yang berada di wilayah tertinggal, meskipun tidak berada di daerah tertinggal, memang ada sejumlah sekolah yang mendapatkan BOS Afirmasi, namun jumlah yang mendapatkan BOS Afirmasi hanya sedikit sekolah,” kata Retno dalam keterangannya kepada IDN Times, dikutip Senin (4/3/2024).

Retno menjelaskan, besaran jumlah BOS Afirmasi biasanya hanya puluhan juta dan sangat jarang yang mencapai ratusan juta. Jika diakumulasikan, kurang lebih hanya Rp100 juta per tahun.

Baca Juga: Kemdikbud Gelar Sosialisasi Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja 

1. Tak semua sekolah di Indonesia mendapatkan BOS Afirmasi

Serikat Guru Tolak Wacana Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOSSiswa SDN Kepuh, Kota Cilegon dipulangkan lebih awal karena bau gas ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Retno menjelaskan, jumlah dana BOS yang dikelola sekolah itu bergantung pada jumlah peserta didik di satuan pendidikannya. Semakin banyak peserta didik, semakin tinggi besaran dana BOS, begitu pun sebaliknya. Di lapangan, kebutuhannya juga perlu ditambah.

“Jika dana BOS yang diterima besar, maka layanan Pendidikan dapat berjalan baik, namun jika Dana BOS digunakan untuk makan siang gratis maka dapat dipastikan jumlah yang diterima sekolah saat ini pastilah tidak cukup, bahkan sekolah bisa tidak dapat membeli ATK, membayar Listrik, air, guru honor, dll karena habis buat makan siang gratis,” kata dia.

Retno mengatakan, jika anggaran makan siang gratis dibebankan pada dana BOS maka pembiayaan pendidikan dikhawatirkan terkikis dan pendidikan berkualitas juga dirasa tak akan tercapai.

2. Besaran rata-rata dana BOS tiap jenjang pendidikan

Serikat Guru Tolak Wacana Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOSInfografis anggaran program makan siang gratis dari APBN (IDN Times/Aditya Pratama)

Retno menjabarkan jumlah dana BOS di setiap jenjang pendidikan, rata-rata kisarannya adalah sebesar:

- Jenjang PAUD sebesar Rp700 ribu/anak/tahun;
- Jenjang SD sebesar Rp900 ribu/anak/tahun
- Jenjang SMP sebesar Rp1,1 juta/anak/tahun
- Jenjang SMA sebesar Rp1,5 juta/anak/tahun
- Jenjang SMK sebesar Rp1,6 juta/anak/tahun
- Jenjang SLB sebesar Rp3,5 juta/anak/tahun


Total Dana BOS yang digelontorkan pemerintah Indonesia ke sekolah-sekolah saat ini hanya Rp59,08 triliun per tahun, sementara anggaran makan siang gratis mencapai Rp450 triliun per tahun.

“Jadi tidak mungkin dana BOS yang saat ini digelontorkan akan digunakan untuk membiayai makan siang gratis, karena itu berarti menghentikan layanan pendidikan,” kata Retno.

Baca Juga: Jokowi Buka Suara Soal Makan Siang Gratis Dibahas di Istana

3. Makan siang gratis berpotensi sia-sia

Serikat Guru Tolak Wacana Anggaran Makan Siang Gratis Pakai Dana BOSmakan siang anak SD di Jepang/kyushoku(instagram/webjapan_mofajp)

Asesmen (PISA) 2023 Indonesia tidak termasuk negara yang anak-anaknya mengalami kekurangan makan. Terutama anak Indonesia yang sedang bersekolah di semua jenjang pendidikan saat ini, tidak termasuk yang mengalami kekurangan makan. Selain itu, orang tua dianggap lebih paham makanan kesukaan anaknya dan dapat memasak sendiri sehingga lebih bersih, bergizi, dan sehat.

“Program maksi gratis dengan dengan menu yang disamaratakan, pasti sangat sulit diterima anak dengan beragam alasan, seperti tidak suka, alergi makanan tertentu, dll. Bisa-bisa maksi gratis itu tidak dimakan oleh anak, kemungkinan dibuang dan mubazir uang negara,” katanya

Baca Juga: APBN Tanggung Berapa untuk Makan Siang Gratis? Ini Jawaban Airlangga

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya