Sosok Bharada E Akhirnya Muncul di Komnas HAM, Begini Tampangnya

Dia tampak gunakan kemeja coklat dan tas ransel

Jakarta, IDN Times - Komnas HAM hari ini melakukan panggilan pada ajudan Kadiv Propam polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo, Selasa (26/7/2022).

Pagi tadi, ada tujuh orang yang mendatangi Komnas HAM berpakaian kompak safari putih. Semuanya juga kompak tak mau memberi keterangan.

1. Tiba menggunakan tas ransel

Sosok Bharada E Akhirnya Muncul di Komnas HAM, Begini TampangnyaSatu ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, diduga Bharada E pada Selasa (26/7/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Tetapi belakangan baru didapat info, kalau dari ketujuh orang tersebut, belum ada sosok Bharada E tiba ke kantor Komnas HAM.

Dan baru siang ini, sekira pukul 13.15 WIB, ada seorang pria diduga kuat sebagai Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu tiba. Dia nampak mengenakan kemeja hitam dengan membawa tas ransel.

2. Komnas HAM benarkan Bharada E sudah tiba

Sosok Bharada E Akhirnya Muncul di Komnas HAM, Begini TampangnyaSatu ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, diduga Bharada E pada Selasa (26/7/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Informasi bahwa Bharada E sudah tiba di Komnas HAM pun langsung dibenarkan oleh Komisioner Komnas HAM Choirul Anam.

Kata Anam, sebelumnya baru ada lima ajudan dan dua pendamping dari Mabes Polri yang tiba di kantor Komnas HAM.

3. Semua ajudan diminta datang

Sosok Bharada E Akhirnya Muncul di Komnas HAM, Begini TampangnyaAjudan Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Komnas HAM (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Choirul Anam, mengatakan, pemanggilan itu ditujukan kepada sejumlah Adc Irjen Pol Ferdy Sambo, termasuk Bharada E yang selama ini disebut-sebut terlibat baku tembak.

"Semua ajudannya memang kami minta untuk datang, kalau di foto misalnya ada delapan orang, tinggal tujuh orang, karena satu meninggal. Tujuh-tujuhnya kami minta untuk datang. Banyak pertanyaan kepada kami, apakah Bharada E juga ikut kami panggil? Memang kami panggil semua, termasuk Bharada E," ujar dia.

Anam mengatakan, ada dua model sistem pemeriksaan yang akan dilakukan Komnas HAM terhadap para Adc Ferdy Sambo itu. Mereka akan diperiksa secara individu dan bersama-sama.

"Memang pasti sendiri-sendiri dan ada yang satu tempat bersama, karena kami ingin tahu detail apa yang terjadi, konteksnya apa dan sebagainya," kata dia.

Baca Juga: Panggil Ajudan Ferdy Sambo, Komnas HAM: Termasuk Bharada E 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya