Spesial HUT RI: Pahlawan di Sekitar Kita, Sosok Sekuriti Perempuan

Peran ibu dan mencai nafkah membantu suami

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 pada 17 Agustus 2023. Perjuangan para pahlawan yang memerdekakan Indonesia telah tercatat dalam sejarah.

Seiring berjalannya waktu, Indonesia semakin bertumbuh di tengah gempuran zaman, tetapi tidak menghilangkan sosok-sosok pahlawan era modern. Ada berbagai macam sosok pahlawan modern yang keberadaannya kurang diperhatikan, salah satunya petugas keamanan.

Seperti Asprilia Dwi Safitri, salah seorang sekuriti perempuan yang bangga dengan pekerjaannya. Di balik kesigapannya menjaga keamanan gedung, Asprilia punya cerita, harapan, dan pesan untuk dibagikan.

Baca Juga: Kemerdekaan: Pengertian, Tujuan, dan Maknanya!

1. Harus jauh dari anak

Spesial HUT RI: Pahlawan di Sekitar Kita, Sosok Sekuriti PerempuanSosok security perempuan, Asprilia Dwi Safitri (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bebas memilih pekerjaan merupakan salah satu nikmat kemerdekaan yang dirasakan Aspri. Meski begitu, Aspri sadar, pekerjaan juga merenggut waktunya bersama keluarga.

Sebagai seorang ibu, ia harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Aspri memilih tetap bertahan menjalani profesi yang sudah dijalani selama lima tahun meski harus jauh dari anak.

"Tantangannya, kita harus jadi bisa membagi waktu antara pekerjaan sama keluarga. Terutama saya sendiri karena sudah berkeluarga saya harus jauh dari anak," kata dia.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, TikTok Indonesia Gelar Kampanye #Serunya17an

2. Bisa membantu suami mencari nafkah

Spesial HUT RI: Pahlawan di Sekitar Kita, Sosok Sekuriti Perempuanilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Lazimnya pekerjaan sebagai sekuriti digeluti laki-laki. Namun, Aspri merasa tak dipandang sebelah mata oleh rekan seprofesinya. Aspri bersyukur memilih pekerjaan ini karena bisa menambah kemampuan dengan belajar bela diri.

Lingkungan kerja yang hangat dan bersifat kekeluargaan juga salah satu faktor yang menguatkan Aspiri untuk bertahan. Selain itu, Aspri bisa membantu perekonomian keluarga.

"Terutama kita bisa membantu perekonomian keluarga juga. Membantu suami dalam mencari nafkah," kata dia.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Penuh Semangat!

3. Generasi Millennial dan Gen Z jangan pliih-pilih pekerjaan

Spesial HUT RI: Pahlawan di Sekitar Kita, Sosok Sekuriti PerempuanIlustrasi Wanita Bekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Di tengah gempuran zaman, Aspri berpesan agar generasi millennial dan Gen Z bisa menjadi sosok yang tak memilih-milih pekerjaan. 

"Terutama harus siap menghadapi dunia pekerjaan. Loyalitas buat perusahaan yang paling utama," kata Asprilia.

Baginya, kemerdekaan Indonesia adalah sebuah nikmat karena bisa merasakan kebebasan. Ia berharap Indonesia terus maju dan lebih baik dalam segala hal.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya