Tahun Ajaran Baru Gelar PTM 100 Persen, Sekolah Harus Siapkan Ini!

Siapkan kelengkapan vaksinasi dan prokes

Jakarta, IDN Times - Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Muhammad Hasbi, mengatakan, sekolah yang daerahnya sudah bisa melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen harus melakukan sejumlah kesiapan yang diperlukan.

PTM dilaksanakan berdasarkan pada level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di setiap wilayah. 

“Terkait kesiapan melaksanakan PTM 100, saya mengimbau agar orangtua dan sekolah memastikan anak-anak diperiksa kelengkapan vaksinasinya,” kata dia dalam diskusi daring, dilansir, Senin (11/7/2022).

1. Persiapkan fasilitas kesehatan dan kebersihan

Tahun Ajaran Baru Gelar PTM 100 Persen, Sekolah Harus Siapkan Ini!Ilustrasi PTM terbatas di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sekolah yang bisa melaksanakan PTM 100 persen, kata dia, perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, toilet bersih, hingga kantin yang sesuai anjuran.

Murid dan orang-orang di lingkungan sekolah juga harus menerapkan protokol kesehatan. Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 yang ada juga perlu rajin membersihkan kelas. Menurutnya, hal tersebut menjadi indikator untuk memastikan sekolah siap penuh dalam hal protokol kesehatan untuk pelaksanaan PTM 100 persen.

Baca Juga: Jelang PTM, IDAI Minta Anak Sekolah Tak Liburan ke Tempat Berkerumun

Baca Juga: DKI Jakarta PPKM Level 1, Anies Baswesan: Segera Vaksin Booster!

2. Menekan terjadi learning loss pelajar

Tahun Ajaran Baru Gelar PTM 100 Persen, Sekolah Harus Siapkan Ini!Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat pantu PTM. IDN Times/Moch Fad

Selain penyesuaian aturan, pelaksanaan PTM juga dilakukan untuk menekan terjadinya learning loss. Oleh karena itu, Kemendikbud Ristek, meluncurkan Kurikulum Merdeka yang merupakan penyederhanaan dari Kurikulum 2013.

“Jadi Kurikulum Merdeka ini merupakan upaya untuk menghadapi rendahnya kualitas pendidikan pada masa yang lampau dan sebagai solusi atas tantangan dunia pendidikan akibat pandemik COVID-19,” ujar Hasbi.

3. PTM jadi metode terbaik proses pendidikan

Tahun Ajaran Baru Gelar PTM 100 Persen, Sekolah Harus Siapkan Ini!Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Hasbi menjelaskan, hingga saat ini, PTM masih menjadi metode terbaik dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, kesempatan PTM 100 persen perlu dimanfaatkan dengan memastikan edukasi peserta didik dibarengi dengan protokol kesehatan.

Selain itu, harus dipastikan bahwa vaksinasi dilakukan tidak hanya bagi guru dan tenaga kependidikan, tetapi juga bagi anak, orangtua, lansia yang ada di keluarga, hingga masyarakat umum.

“Vaksinasi ini akan sangat membantu untuk mengurangi risiko atau dampak COVID-19, dan akan membantu mempertahankan PTM 100 persen. Vaksinasi untuk seluruh ekosistem pendidikan menjadi hal yang penting untuk menyukseskan PTM 100 persen,” ujarnya. 

Baca Juga: Learning Loss Akibat Corona, Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

Baca Juga: Ancaman Learning Loss Mengintai Anak Indonesia di Tengah Pandemik

4. Kesiapan orangtua dan sekolah kenalkan lingkungan pendidikan

Tahun Ajaran Baru Gelar PTM 100 Persen, Sekolah Harus Siapkan Ini!Ilustrasi siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sekolah dengan prokes ketat (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi PTM 100 persen selanjutnya adalah kesiapan orangtua dan sekolah dalam mengenalkan lingkungan sekolah. Pasalnya, PTM pada tahun ajaran baru ini merupakan transisi peserta didik dari jenjang PAUD ke SD dan seterusnya.

“Mari kita usahakan agar ini menjadi ajang yang edukatif, ajang yang bisa terhindar dari tiga dosa besar pendidikan yaitu perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi. Ini juga menjadi pesan penting bagi kita agar bisa mengimplementasikannya di keluarga, sekolah maupun di masyarakat,” kata dia.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya