Tanggapi Demo BBM, KSP: Pemerintah Sudah Berupaya Agar BBM Tidak Naik

Menurut KSP pemerintah sudah memberikan tiga skema bansos

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Abraham Wirotomo, menanggapi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa pada Kamis (15/9/2022) merespons naiknya harga BBM.

Dia mengatakan pemerintah ingin menyampaikan bahwa kebijakan itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk diambil.

"Pemerintah sudah berupaya luar biasa untuk menjaga harga BBM di Indonesia itu tidak naik," kata dia saat ditemui di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Abraham mengungkapkan situasi di dunia ini sedang tidak normal. Dari laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dunia saat ini sedang mengalami tiga krisis yakni energi, pangan dan keuangan. 

"Jadi jangan diianggap ini maunya pemerintah untuk menaikkan harga BBM," kata dia.

"Pemerintah justru berusaha menekan harga BBM di Indonesia tetap terjangkau dengan caranya apa? Menaikkan besaran anggaran subsidi yang tahun lalu itu Rp188 triliun, tahun ini sudah dinaikkan ke angka Rp502 triliun," ujarnya.

Penyesuaian tersebut, kata Abraham, dilakukan karena harga minyak di dunia mengalami lonjakan yang luar biasa.

"Yang awalnya 60an dolar AS per barel mencapai di atas 100 dolar ASper barel, tentunya akan mempengaruhi besaran subsidi yang bisa diberikan pemerintah," katanya.

Dia mengklaim, dengan adanya kenaikan harga BBM pemerintah memprioritaskan perlindungan terutama kepada kelompok ekonomi rentan.

"Dengan memberikan tiga skema bantuan sosial, pertama adalah BLT BBM, bantuan subsidi upah, dan bantuan subsidi transportasi," kata dia.

Sebelumnya, pada 8 September 2022 Aliansi BEM Seluruh Indonesia turun aksi menolak kenaikkan harga BBM bersubsidi di Istana Negara.

Pada hari ini mahasiswa kembali membawa tiga poin tuntutan, yakni menuntut dan mendesak pemerintah untuk mencabut keputusan terkait kenaikan BBM. Kemudian menuntut dan mendesak pemerintah menunda proyek strategis nasional yang tidak berdampak langsung kepada masyarakat dan mengalihkan anggaran ke subsidi BBM.

Selain itu, turut menuntut dan mendesak pemerintah untuk menerapkan regulasi pemakaian BBM bersubsidi secara tegas.

Baca Juga: Demo BEM SI di Patung Kuda Ricuh, Mahasiswa Terobos Kawat Berduri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya