TMII Dibuka buat Wisata Mulai Jumat, 17 September 2021

Pengunjung TMII wajib gunakan aplikasi PeduliLindungi ya!

Jakarta, IDN Times - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur akan melaksanakan uji coba pembukaan untuk wisata pada 17 September 2021. Uji coba pembukaan akan dilakukan usai TMII menyelesaikan evaluasi penilaian Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Bagian Humas TMII, Adi Widodo, mengatakan evaluasi penilaian CHSE dilaksanakan pada 13-16 September 2021.

"TMII sudah memiliki sertifikat tersebut dan saat ini (CHSE) sudah saatnya dievaluasi. Karena tiap tahun harus diperpanjang," kata Adi, Selasa (14/9/2021).

1. Anak berusia di bawah 12 tahun tidak boleh masuk TMII

TMII Dibuka buat Wisata Mulai Jumat, 17 September 2021TMII (Instagram/tmiiofficial)

Adi mengungkapkan syarat masuk TMII adalah penerapan protokol kesehatan yang umum dilakukan, mulai dari mengenakan masker, cek suhu hingga jaga jarak.

Untuk saat ini, anak berusia di bawah 12 tahun belum boleh masuk ke kawasan TMII. Pengunjung pun wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau bukti vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama

Baca Juga: Mengenal PT Taman Wisata Candi yang Kelola TMII Selama 25 Tahun

2. Kapasitas pengunjung dibatasi 25 persen

TMII Dibuka buat Wisata Mulai Jumat, 17 September 2021ANTARA/Arindra Meodia

Selain itu, ada pembatasan jumlah pengunjung TMII, yakni 25 persen dari kapasitas atau sekitar 15 ribu pengunjung. Adi menjelaskan TMII sedang menunggu adanya QR code di setiap wahana agar bisa diakses masyarakat.

"Sedangkan QR kode untuk pintu gerbang masuk-keluar sudah diperoleh," kata dia.

3. Ini unit wisata yang akan dibuka

TMII Dibuka buat Wisata Mulai Jumat, 17 September 2021Pengunjung berjalan di depan taman legenda di TMII, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Adi mengatakan unit wahana yang akan dibuka adalah taman burung, taman reptilian komodo dan kereta gantung. Sedangkan, anjungan daerah hanya dapat diakses sebatas halaman dan rumah adat belum dibuka.

Setiap wahana akan diberikan QR code karena daya tampung masing-masing pengunjungnya berbeda. Tiket masuk TMII dapat diberi secara daring atau langsung di tempat.

Baca Juga: Anies Izinkan Tempat Wisata Buka saat PPKM Level 3, tapi Ada Syaratnya

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya