Undang Influencer saat Social Distancing, Apa Penjelasan BNPB?

Mereka lakukan rapat sesuai protokol yang berlaku

Jakarta, IDN Times - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 mengundang sejumlah influencer atau orang berpengaruh untuk membahas isu penanganan virus corona pada Jumat (20/3) di Graha BNPB.

Sebanyak 20 orang influencer berkumpul di Graha BNPB untuk menghadiri kegiatan tersebut. Namun, ternyata acara ini menjadi sorotan sejumlah pihak karena dilakukan saat masa social distancing.

1. Acara sebelumnya telah dibatalkan

Undang Influencer saat Social Distancing, Apa Penjelasan BNPB?ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Menanggapi hal itu Deputi Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan memberikan klarifikasi, dia mengatakan bahwa acara tersebut tadinya telah dibatalkan tetapi para influencer datang dengan inisiatif sendiri.

"Sudah dibatalkan, tapi siangnya datang satu demi satu. Kami tidak bisa usir, saya yang temui," kata Lilik saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (21/3).

2. Para influencer yang turut hadir

Undang Influencer saat Social Distancing, Apa Penjelasan BNPB?instagram.com/rachelvennya

Ada 20 orang influencer yang turut hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya adalah Rachel Venya, Kevin Liliana, Taqy Malik, Tissa Biani, Maudy Koesnaedi, Akbar Rais, Reza Pahlevi, Indra Bekti, Aura Kasih, serta Putri Patricia.

Selain itu afa juga Sarah Gibson, Indra Kalista, Indra Sugiarto, Sintya Marisca, Edho Zell, Angela Gilsha, Boim Lenno, Mike Ethan, Tirta, dan Syanin.

Baca Juga: BNPB: Status Darurat Virus Corona hingga Idul Fitri 2020

3. Influencer yang diundang adalah relawan

Undang Influencer saat Social Distancing, Apa Penjelasan BNPB?Kepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lilik juga menjelaskan bahwa influencer tersebut adalah relawan dan tidak berbayar, sebab mereka datang ke BNPB karena ingin membantu penanganan virus corona dengan kesadaran sendiri.

"Relawan juga, bukan jubir pemerintah. Relawan ini membantu melakukan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat dengan konten positif dalam mencegah penularan COVID-19," kata dia.

4. Klarifikasi salah satu influencer yang hadir

Salah satu tokoh yang diundang dan hadir dalam pertemuan tersebut yakni Dr. Tirta melalui akun Twitter pribadinya mengatakan bahwa mereka hadir dalam rapat darurat dan telah mengikuti protokol yang sesuai.

"Ga sampe puluhan. Yang dateng juga ga sampe 20 kawan," kata akun @tirta_hudhi, Sabtu (21/3)

"Satu lagi, itu bnpb ngundangnya 17 karena taunya itu doank. Rencana ini dadakan setelah ada podcast saya dan mas deddy," ujar dia.

5. BNPP juga jelaskan bahwa acara dilakukan sesuai protokol

Undang Influencer saat Social Distancing, Apa Penjelasan BNPB?ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya, BNPB merilis informasi bahwa telah dilakukan pertemuan antara pihak BNPB dengan berbagai kalangan influencer dari berbagai bidang.

Karena telah dilakukan di saat social distancing, pihak BNPB mengatakan bahwa pertemuan tersebut dilaksanakan mengikuti prosedur yang ada dan melaksanakan langkah-langkah preventif seperti pengukuran suhu tubuh dan penggunaan hand sanitizer.

"Tujuan pertemuan ini ialah berdiskusi mengenai informasi perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia dan menyinergikan berbagai gerakan masyarakat yang telah diinisasi oleh pihak yang hadir," kata Kapusdatin Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, melalui keterangan tertulis, Sabtu (21/3).

Baca Juga: Anggota DPR: BNPB Gak Punya Keahlian Tangani Virus Corona!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya