Usut Tewasnya 6 Anggota Laskar FPI, Bareskrim Periksa 78 Saksi

Polisi juga menginvestigasi CCTV di lokasi

Jakarta, IDN Times - Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit, mengatakan pihaknya masih terus mengusut kasus bentrokan antara anggota Polda Metro Jaya dengan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Insiden yang terjadi pada Senin (7/12/2020) dini hari tersebut menyebabkan enam anggota laskar FPI tewas. Kasus ini mendapat sorotan berbagai pihak, termasuk Komnas HAM dan Istana.

"Saat ini yang masuk di Bareskrim Polri adalah laporan penyerangan terhadap petugas, maka perkembangannya sampai dengan hari ini kita sudah memeriksa 78 orang saksi dan 7 saksi ahli," kata Listyo di Bareskrim Polri, Senin (21/12/2020).

1. Saksi terdiri dari saksi korban hingga ahli pidana

Usut Tewasnya 6 Anggota Laskar FPI, Bareskrim Periksa 78 SaksiKepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo (IDN Times/Lia Hutasoit)

Listyo menjelaskan dari puluhan saksi tersebut, 37 orang saksi dari kilometer 50, 22 orang saksi dari sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kemudian ada empat orang saksi korban, 12 saksi dari petugas yang ada di kilometer 50, dan tiga petugas di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati.

"Dua ahli dari Puslabfor, satu ahli dari kedokteran forensik, satu ahli dari cyber, satu ahli pidana," kata dia.

Baca Juga: Keluarga Laskar FPI Tantang Kapolda Metro Jaya Sumpah Mubahalah

2. Periksa CCTV di lokasi kejadian penembakan

Usut Tewasnya 6 Anggota Laskar FPI, Bareskrim Periksa 78 SaksiKabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Konferensi Pers Penetapan Brigjen Pol. Prasetijo Utomo sebagai Tersangka (Dok. Humas Polri)

Pihaknya saat ini juga sedang menganalisa dan meminta rekaman kamera penjaga atau CCTV yang ada di lokasi kejadian.

"Rekonstruksi sudah kecelakaan beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

3. Minta masyarakat mau berbagi informasi soal kasus ini

Usut Tewasnya 6 Anggota Laskar FPI, Bareskrim Periksa 78 SaksiKeluarga masih menunggu 6 jenazah Laskar FPI keluar dari RS Polri (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam kesempatan ini dia juga mengatakan bahwa Bareksrim Polri secara terbuka melakukan penyidikan kasus tersebut. Dia meminta masyarakat yang memang melihat kejadian bentrok tersebut memberikan informasi untuk mengungkap kasus ini.

"Apabila ada masyarakat atau saksi-saksi yang mengetahui secara langsung, untuk memberikan masukan atau menjadi saksi, sehingga kemudian betul-betul bisa mendapatkan peristiwa yang utuh," katanya.

Baca Juga: Orang Tua Laskar FPI: Ada Luka Tembak di Leher, Dada dan Tangan Faiz

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya