Comscore Tracker

Wagub DKI Dukung Penuh Keputusan Pemerintah Pusat Perpanjang PPKM 

PPKM diperpanjang dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patri mendukung keputusan pemerintah pusat, yang memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Dia mengatakan, keputusan ini justru menyatukan periodisasi pembatasan sosial di tengah pandemik COVID-19 untuk wilayah Jawa-Bali.

"Pemerintah pusat tentu memahami, mengerti, melihat lebih jauh, kalau kami melihat Jakarta, pemerintah harus melihat Indonesia. Jadi kami sangat berterima kasih dan mendukung PPKM dan kami sangat senang, terkait menyamakan satu periodisasi PSBB dua minggunya dibarengi, yang sebelumnya berbeda," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Pengelola Mal Keluhkan Dampak PPKM: Kunjungan Hanya Tersisa 20 Persen

1. Riza sebut perpanjangan PPKM sudah sesuai harapan DKI

Wagub DKI Dukung Penuh Keputusan Pemerintah Pusat Perpanjang PPKM ANTARA FOTO/Arnas Padda

Dia mengatakan, keputusan ini sudah lebih dari harapan DKI Jakarta yang sebelumnya ingin periodisasi Jabodetabek diselaraskan.

Pemerintah pusat, kata Riza, justru menyamakannya hingga tingkat provinsi dan hal itu jauh lebih baik dari yang diharapkan.

"Ternyata pemerintah tidak hanya menyamakan Jabodetabek, tetapi juga menyamakan Jawa dan Bali. Itu jauh lebih baik dari yang kami harapkan dan kami minta," ujarnya.

2. Berharap wilayah penyangga bisa tingkatkan dukungan ke DKI

Wagub DKI Dukung Penuh Keputusan Pemerintah Pusat Perpanjang PPKM IDN Times/Galih Persiana

Namun dalam upaya penanganan COVID-19, Riza berharap agar wilayah penyangga DKI Jakarta bisa lebih meningkatkan upayanya lagi, baik itu dukungan fasilitas hingga tenaga kesehatan.

"Mohon juga perhatian dukungan kepada Jabodetabek terutama Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Kami selama ini mendapat dukungan yang baik, kami harapkan dukungan yang baik selama ini di Bodetabek dan daerah-daerah lain, mudah-mudahan ada peningkatan," kata dia

Hal ini tak lepas dari persentase warga luar Jakarta yang dirawat di DKI Jakarta. "Ada 24 sampai 30 persen warga yang dirawat di RS Jakarta berasal dari luar Jakarta. Kami tentu akan memberikan dukungan, pelayanan sebaik mungkin kepada siapa saja warga negara Indonesia, apakah warga Jakarta, orang non- Jakarta sekalipun," kata dia.

3. Riza sebut koordinasi ada di tangan pemerintah pusat

Wagub DKI Dukung Penuh Keputusan Pemerintah Pusat Perpanjang PPKM Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Karena itu, Riza berterima kasih pada pemerintah pusat bisa turun tangan memberi perhatian dan membangun sinergi antara Jakarta dan wilayah penyangga yakni Bodetabek. Riza mengaku, sebagai pemimpin provinsi, dia sungkan jika harus mengatur arah koordinasi antar daerah.

"Kami kan sebagai provinsi tidak enak kalau ikut menentukan atau mengatur daerah-daerah Bodetabek, itu menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sekalipun selama ini dukungan Pak Ridwan Kamil, Pak Wahidin sangat kepada Jakarta, tetapi ini akan lebih baik lagi kalau memang seperti dua pekan ini, pemerintah pusat memberikan dukungan yang lebih banyak lagi, lebih baik lagi," ujar Riza.

Baca Juga: Pemprov DKI Buka Lahan Khusus Jenazah Pasien COVID-19 di Bambu Apus

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Sunariyah
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya