Wapres ke Kalimantan Hadiri KDEKS dan Pembangunan Ponpes As'adiyah

Sebagai komitmen mengembangkan ekosistem syariah

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma’ruf Amin, dan rombongan bertolak menuju Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam keterangan resmi Sekretariat Wakil Presiden dijelaskan, Ma'ruf terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU. Wapres dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan Udara TNI AU Anang Busra, Tarakan, Kalimantan Utara pada pukul 07.00 WIB atau 08.00 WITA hari ini, Kamis (3/8/2023).

Setelah tiba di Kalimantan Utara, Ma'ruf dan rombongan dijadwalkan menuju Lapangan Sei Bajau, Pulau Sebatik, Nunukan.

Wapres akan menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Utara. Bukan hanya itu, Wapres juga akan meletakan batu pertama pada Pembangunan Rusunawa Pondok Pesantren As’adiyah Sebatik di Sungai Nyamuk Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Baca Juga: Zikir Jelang HUT ke-78 RI, Wapres Ajak Masyarakat Indonesia Bersatu

1. Langsung bertolak ke Kalimantan Timur

Wapres ke Kalimantan Hadiri KDEKS dan Pembangunan Ponpes As'adiyahWapres Ma'ruf Amin tiba di Bandara Silangit, Taput, Kamis (9/12/2021). Dia dijadwalkan Ma’ruf Amin dijadwalkan membuka Acara Rempah Nasional dan Indonesian Spicies Forum & Pameran Business Expo (ISFBE) di Niagara Hotel, Jumat (10/12/2021). (DOK: Diskominfo Sumut)

Selepas itu, Wapres dan rombongan akan menuju Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Baru pada Jumat (4/8/2023), Ma'ruf Amin diagendakan menghadiri pengukuhan KDEKS Provinsi Kaltim di Kompleka Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda Ulu, Samarinda.

Pada kesempatan ini, juga akan dilakukan penyerahan bantuan sosial Bank Indonesia kepada Kelompok Usaha Bersama di Kalimantan Timur dan bantuan sosial PT. Taspen (Persero) secara simbolis kepada 300 Aparatur Sipil Negara (ASN), Golongan I dan II, serta pensiunan ASN.

2. Kehadiran Wapres di KDEKS bentuk komitmen kembangkan ekosistem syariah

Wapres ke Kalimantan Hadiri KDEKS dan Pembangunan Ponpes As'adiyahWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Kehadiran Wapres dalam acara pengukuhan KDEKS di berbagai provinsi di Indonesia, merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam melaksanakan akselerasi pengembangan ekosistem syariah.

"Sebab, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain global syariah. Untuk itu, kehadiran KDEKS di daerah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menjangkau para pemangku kepentingan daerah juga masyarakat setempat, untuk menjadi kontributor utama ekosistem syariah di daerah," demikian keterangan resmi Setwapres.

Dengan demikian, mata rantai pengembangan ekosistem syariah tidak terputus di pusat atau pemerintah provinsi, tetapi juga menjangkau ke tingkat masyarakat terdalam.

3. Wapres akan mengunjungi pondok pesantren

Wapres ke Kalimantan Hadiri KDEKS dan Pembangunan Ponpes As'adiyahWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Timur, Ma'ruf juga bakal menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Nabil Husein Samarinda, di Samarinda Ulu, Samarinda untuk bersilaturahmi dan melaksanakan salat Jumat.

Di Ponpes itu, Wapres juga akan menyerahkan Bantuan BAZNAS Program Santri Menuju Perguruan Tinggi Negeri secara simbolis. Di hari yang sama, pukul 15.00 WITA, Wapres kembali ke Jakarta.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Ingin Pendidikan Ponpes Al Zaytun Tetap Berjalan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya